Ilustrasi seorang anak digendong ibunya./Antara
Health

Ini Tanda-Tanda Anak Alami Gangguan Pencernaan

Syaiful Millah
Kamis, 25 Maret 2021 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saluran pencernaan memiliki peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam tumbuh kembang anak.

Head of Medical Kalbe Nutritionals Muliaman Mansyur mengatakan bahwa saluran pencernaan memiliki peranan sangat penting, hingga disebut sebagai otak kedua (second brain).

Hal ini lantaran saluran pencernaan sangat menentukan kesehatan anak melalui penyerapan zat gizi makanan yang masuk dalam tubuh. Dia menuturkan saluran cerna juga merupakan sumber dari daya tahan tubuh.

"Sama seperti otak yang memiliki golden period untuk berkembang secara maksimal, saluran pencernaan juga demikian. Oleh sebab itu, orang tua perlu benar-benar memastikan sistem pencernaan makanan si buah hati tidak terganggu," katanya dalam acara virtual, Kamis (25/3/2021).

Muliaman menyampaikan ciri anak yang mengalami gangguan pencernaan bisa terlihat cukup jelas. Salah satu indikator paling kentara adalah frekuensi buang air besar anak.

Normalnya aktivitas buang air besar pada anak ini dilakukan setiap hari, jadi jika mereka tidak buang air pada hari tertentu, hal itu merupakan indikasi bahwa si anak mengalami gangguan sistem pencernaan.  

Selain itu, diare juga bisa menjadi indikasi anak mengalami masalah di saluran pencernaan. Terkadang gejalanya juga disertai dengan demam atau buang air yang keras. Gejala lain yang bisa menjadi tanda adalah berat badan anak yang tak kunjung naik padahal makan mereka sudah banyak.

Dia menuturkan jika anak mengalami gejala ringan saluran pencernaan, orang tua bisa memberikan obat pereda nyeri perut anak sebagai pertolongan pertama. Akan tetapi, jika sudah parah dan membuat anak kesakitan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro