Ubi jalar memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga  bisa meningkatkan imun/wikipedia
Health

6 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Lukman Nur Hakim
Jumat, 26 Maret 2021 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ubi jalar memiliki rasa yang nikmat dan juga memiliki khasiat ajaib bagi kesehatan. Makanan ini juga bisa meningkatkan imun tubuh.

Jenis umbi-umbian ini, bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti digoreng, direbus dan dipanggang. Dilansir dari Eatthis, Jumat (26/3/2021), berikut manfaat dari ubi jalar:

1. Membuat pencernaan lebih membaik

Ingin memiliki perut yang lebih nyaman dan tidak terlalu buncit? Cobalah menambahkan ubi jalar ke dalam rutinitas rutin Anda. Karena menurut penelitian, manfaat dari ubi jalar adalah meningkatkan bakteri baik di usus yang menguntungkan untuk mengatasi sembelit.

2. Dapat mengurangi resiko kram otot saat olahraga

Jika kalian sering mengalami kram setelah melakukan kegiatan olahraga, coba lah untuk mengonsumsi ubi jalar sebelum olahraga.

Menurut riset yang dilakukan, ubi jalar memiliki kandungan kalium dua kali lebih banyak dari pisang. Dari banyaknya kalium yang ada membuat resiko untuk terkena kram akibat kekurangan kalium akan berkurang

3. Meningkatkan dan menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari ubi jalar adalah dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mata kita. Sebab, dalam ubi jalar terdapat kandungan Bera-karoten.

Faktanya, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Ophthalmology, beta-karoten yang ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar dikaitkan dengan tingkat penurunan penglihatan yang lebih rendah di antara individu dengan retinitis pigmentosa, yang dapat menyebabkan rabun senja dan kehilangan penglihatan tepi. .

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) maka menjaga imun atau kekebalan tubuh sangat penting. Ubi jalar adalah makanan yang bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

"Ubi jalar sangat tinggi dengan vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini bekerja di dalam tubuh Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan dan membantu Anda melawan infeksi," kata ahli nutrisi.

5. Makanan untuk melawan kolesterol

Manfaat lainnya, ubi jalar juga bisa membantu kita dalam melawan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Konsumsilah ubi jalar dengan teratur dapat membuat tubuh kita aman akan kolesterol.

"Ubi jalar kaya serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL," kata Diana Gariglio-Clelland, staf ahli diet di Next Luxury.

6. Merasa kenyang lebih lama

Kebanyakan dari kita mungkin ada yang bingung, meskipun sudah makan masih saja masih merasa lapar dan ingin makan lagi.

Pola hidup seperti itu membuat sistem pencernaan menjadi kurang baik dan menjadi penumpukan makanan di dalam tubuh. Untuk menanggulangi hal itu, ubi jalar adalah solusinya untuk mengatasi rasa lapar yang terus menerus.

"Ubi jalar adalah sumber karbohidrat dan serat larut yang luar biasa," kata Rachel Fine, MS, RD, pemilik To The Pointe Nutrition.

"Serat larut membantu memperlambat pencernaan, yang tidak hanya mendorong pelepasan insulin dan leptin secara stabil, tetapi juga lebih jauh mempromosikan 'perasaan kenyang' selama makan, membantu Anda mengatur porsi secara alami."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro