Insomnia/boldsky.com
Health

Tukang Begadang, Begini Lho Cara Usir Insomnia

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 31 Maret 2021 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insomnia menjadi masalah yang sangat menggangu bagi semua orang. Semenjak pandemi Covid-19, sulit tidur banyak dialami oleh banyak kalangan.

Melansir dari Tatlerthailand, beberapa orang dapat tertidur tanpa masalah, namun sebagian mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak.

Jika yang terakhir menggambarkan Anda saat ini, berikut beberapa cara yang dapat mengelola insomnia :

1. Berhati-hatilah dengan Apa yang Anda Konsumsi

Apa yang membuat Anda bekerja lebih baik tetapi juga musuh terburuk di malam hari? Jawabannya kafein. Secangkir teh di pagi hari sesaat setelah bangun tidur boleh saja tetapi hindari di sore hari jika Anda mengalami kesulitan tidur.

Tip lainnya adalah jangan makan makanan pedas untuk makan malam karena bisa menyebabkan masalah yang membuat Anda terjaga.. Tujuannya adalah untuk tidur nyenyak, bukan dengan monster yang menggeram, melolong dan mencubit isi perut Anda.

2. Matikan Ponsel

Percaya atau tidak, cahaya terang yang dipancarkan ponsel sebenarnya menipu pikiran dan jam biologis Anda untuk tetap menyala.

Dengan kata lain, pikiran Anda menganggapnya siang hari, berkat ponsel cerdas.

3. Saatnya Santai & Bermeditasi

Meditasi membantu pikiran untuk rileks setelah hari kerja yang panjang dan penuh tekanan. Cara ini akan mengendurkan dan mengurangi ketegangan otot. Matikan lampu, duduklah di tempat tidur Anda, tutup mata Anda dan bernapaslah. Ini akan sulit pada awalnya, tetapi pada akhirnya, itu akan menjadi sesuatu yang memulihkan Anda.

4. Jangan Tidur Siang Hari

Dengan banyak dari kita yang terkurung di rumah selama Covid-19 ini, tinggal di tempat tidur sepanjang hari mungkin menggoda. Namun, ini harus ditolak dengan cara apa pun untuk menghindari tidur yang kacau. Begitu Anda bangun di pagi hari, jangan kembali ke tempat tidur sampai tiba waktunya untuk istirahat malam.

Cobalah untuk tidak tidur siang di sofa juga. Jangan mengubah jadwal Anda hanya karena bekerja dari rumah. Bangun lebih awal pada Senin hingga Jumat, agar Anda bisa tidur beberapa jam lebih awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro