Pelaku UMKM kian aktif menggunakan  internet untuk menjajakan produk./istimewa
Fashion

Fashion Jadi Peluang Usaha Prioritas UKM

MG Noviarizal Fernandez
Selasa, 6 April 2021 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM menetapkan fashion sebagai peluang usaha prioritas bagi pelaku usaha, untuk ditingkatkan kelasnya.

Dalam webinar bertajuk Pengembangan Potensi Ekonomi Kebaya Sebagai Pendukung Gerakan Budaya, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kemenkop UKM, Fixy mengatakan bahwa fashion seperti kebaya menjadi salah satu target fashion yang akan dikembangkan.
 
"Persoalannya kini perlu keahlian khusus dalam mengembangkan dan memodifikasinya tanpa meninggalkan pakem dasar sebuah desain bernama kebaya," ujarnya dalam webinar yang digelar, Senin (5/4/2021) itu.
 
Selain itu, tuturnya, perlu juga dibahas bagaimana mekanisme perbekalan dan penyuluhan untuk menciptakan interpreneur yang semakin ahli dalam melihat peluang  bisnis dalam proses jual beli di masyarakat, terutama seperti masa  pandemi seperti sekarang ini.

Menurutnya, webinar kali ini menghasilkan langkah-langkah kongkrit untuk merumuskan prospektif bisnis kebaya bagi pengusaha besar dan UKM dimana sesuai dengan kelasnya sekaligus mensosialisasikan dan mempromosikan kebaya sebagai bisnis yang menjanjikan.
 
Fashion khas Indonesia, tuturnya juga memberikan peluang bagi banyak UKM untuk kreatif menciptakan kebaya berikut variannya kepada seluruh lapisan masyarakat dari yang tua hingga remaja putri. 
 
"Dengan demikian masyarakat bisa merasakan nilai tambah secara ekonomi dari sebuah kebaya dan varian turunannya," terangnya.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut berpartisipasi dalam webinar tersebut sepakat bahwa fashion kebaya memiliki potensi untuk dikembangkan karena karakternya yang khas dan menjadi ciri khas Indonesia.
 
"Ibu saya suka mengenakan kebaya dan sangat anggun," ungkapnya.
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro