Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fashion Jadi Peluang Usaha Prioritas UKM

Kementerian Koperasi dan UKM menetapkan fashion sebagai peluang usaha prioritas bagi pelaku usaha, untuk ditingkatkan kelasnya.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 06 April 2021  |  11:30 WIB
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan  internet untuk menjajakan produk. - istimewa
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan internet untuk menjajakan produk. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Koperasi dan UKM menetapkan fashion sebagai peluang usaha prioritas bagi pelaku usaha, untuk ditingkatkan kelasnya.

Dalam webinar bertajuk Pengembangan Potensi Ekonomi Kebaya Sebagai Pendukung Gerakan Budaya, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kemenkop UKM, Fixy mengatakan bahwa fashion seperti kebaya menjadi salah satu target fashion yang akan dikembangkan.
 
"Persoalannya kini perlu keahlian khusus dalam mengembangkan dan memodifikasinya tanpa meninggalkan pakem dasar sebuah desain bernama kebaya," ujarnya dalam webinar yang digelar, Senin (5/4/2021) itu.
 
Selain itu, tuturnya, perlu juga dibahas bagaimana mekanisme perbekalan dan penyuluhan untuk menciptakan interpreneur yang semakin ahli dalam melihat peluang  bisnis dalam proses jual beli di masyarakat, terutama seperti masa  pandemi seperti sekarang ini.

Menurutnya, webinar kali ini menghasilkan langkah-langkah kongkrit untuk merumuskan prospektif bisnis kebaya bagi pengusaha besar dan UKM dimana sesuai dengan kelasnya sekaligus mensosialisasikan dan mempromosikan kebaya sebagai bisnis yang menjanjikan.
 
Fashion khas Indonesia, tuturnya juga memberikan peluang bagi banyak UKM untuk kreatif menciptakan kebaya berikut variannya kepada seluruh lapisan masyarakat dari yang tua hingga remaja putri. 
 
"Dengan demikian masyarakat bisa merasakan nilai tambah secara ekonomi dari sebuah kebaya dan varian turunannya," terangnya.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut berpartisipasi dalam webinar tersebut sepakat bahwa fashion kebaya memiliki potensi untuk dikembangkan karena karakternya yang khas dan menjadi ciri khas Indonesia.
 
"Ibu saya suka mengenakan kebaya dan sangat anggun," ungkapnya.
 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top