Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Khawatir, Vaksin Virus Corona Sinovac Aman Bagi Lansia

Masih banyak lansia yang takut disuntik vaksin virus corona Sinovac asal China. Yuk, cek seberapa aman vaksin tersebut.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 14 April 2021  |  13:49 WIB
Seseorang lansia mendapatkan suntikan vaksin virus corona Sinovac. - ilustrasi
Seseorang lansia mendapatkan suntikan vaksin virus corona Sinovac. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Pemberian vaksin Covid-19 menjadi cara untuk mencegah infeksi yang serius pada manusia, khususnya kelompok usia lanjut (lansia).

Kini beberapa negara telah menggunakan vaksin AstraZeneca, Sinopharm, Sinovac dan masih banyak lagi. Saat ini, pemerintah memberikan vaksin virus corona gratis ke tenaga medis, lansia dan beberapa tenaga pekerja lainnya.

Vaksin tersebut memiliki banyak keunggulan. Namun, pemerintah juga mengizinkan program vaksin mandiri, dengan harga yang ditawarkan setiap vaksinnya berbeda beda.

Namun, masyarakat Indonesia masih mempertanyakan kemampuan vaksin, terlebih untuk masyarakat yang memasuki usia lanjut atau lansia.

Dilansir dari Newsinfo, Rabu (14/4/2021) dari berbagi macam varian vaksin, Sinovac merupakan vaksin yang cocok digunakan oleh segara umur. Hal itu juga dibeberkan oleh Dr. Nina Gloriani, kepala panel ahli pengembangan vaksin di Departemen Filipina.

Keamanan CoronaVac, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac BioTech yang berbasis di China, menunjukkan hasil yang ‘luar biasa’ di semua kelompok umur, termasuk orang tua. Temuan uji klinis menunjukkan bahwa CoronaVac Sinovac dapat ditoleransi dengan baik di antara orang yang lebih tua.

Menurut Gloriani, vaksin sinovac bisa masuk ke semua kalangan, salah satunya lansia. Sebab menurut penelitian yang dilakukan vaksin ini memang dirancang untuk pasien berumur 60 tahun keatas, jadi tidak ada efek samping yang signifikan untuk lansia.

“Kami mengatakan bahwa keuntungan lebih besar daripada risikonya. Penemuan keseluruhan menunjukkan bahwa vaksin ini menginduksi antibodi penetral dan memiliki profil keamanan yang baik baik pada populasi umum dan orang tua,” ucap Gloriani.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top