Seseorang lansia mendapatkan suntikan vaksin virus corona Sinovac./ilustrasi
Health

Jangan Khawatir, Vaksin Virus Corona Sinovac Aman Bagi Lansia

Lukman Nur Hakim
Rabu, 14 April 2021 - 13:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemberian vaksin Covid-19 menjadi cara untuk mencegah infeksi yang serius pada manusia, khususnya kelompok usia lanjut (lansia).

Kini beberapa negara telah menggunakan vaksin AstraZeneca, Sinopharm, Sinovac dan masih banyak lagi. Saat ini, pemerintah memberikan vaksin virus corona gratis ke tenaga medis, lansia dan beberapa tenaga pekerja lainnya.

Vaksin tersebut memiliki banyak keunggulan. Namun, pemerintah juga mengizinkan program vaksin mandiri, dengan harga yang ditawarkan setiap vaksinnya berbeda beda.

Namun, masyarakat Indonesia masih mempertanyakan kemampuan vaksin, terlebih untuk masyarakat yang memasuki usia lanjut atau lansia.

Dilansir dari Newsinfo, Rabu (14/4/2021) dari berbagi macam varian vaksin, Sinovac merupakan vaksin yang cocok digunakan oleh segara umur. Hal itu juga dibeberkan oleh Dr. Nina Gloriani, kepala panel ahli pengembangan vaksin di Departemen Filipina.

Keamanan CoronaVac, vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac BioTech yang berbasis di China, menunjukkan hasil yang ‘luar biasa’ di semua kelompok umur, termasuk orang tua. Temuan uji klinis menunjukkan bahwa CoronaVac Sinovac dapat ditoleransi dengan baik di antara orang yang lebih tua.

Menurut Gloriani, vaksin sinovac bisa masuk ke semua kalangan, salah satunya lansia. Sebab menurut penelitian yang dilakukan vaksin ini memang dirancang untuk pasien berumur 60 tahun keatas, jadi tidak ada efek samping yang signifikan untuk lansia.

“Kami mengatakan bahwa keuntungan lebih besar daripada risikonya. Penemuan keseluruhan menunjukkan bahwa vaksin ini menginduksi antibodi penetral dan memiliki profil keamanan yang baik baik pada populasi umum dan orang tua,” ucap Gloriani.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro