Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kulit Gatal dan Kering bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2

Tanda awal dari kondisi tersebut dapat ditemukan pada kulit dan jika mengalami gatal, kulit kering yang mengelupas; itu bisa menjadi indikator.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 April 2021  |  16:03 WIB
Ilustrasi kulit tangan.  - Bloomberg
Ilustrasi kulit tangan. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - DIABETES tipe 2 banyak diidap jutaan orang di dunia, yang dapat menyebabkan efek buruk bagi tubuh.

Tanda awal dari kondisi tersebut dapat ditemukan pada kulit dan jika mengalami gatal, kulit kering yang mengelupas; itu bisa menjadi indikator.

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi yang disebabkan karena kurangnya insulin atau insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Diperkirakan sepertiga penderita diabetes mengalami kondisi kulit baik yang terkait atau dipengaruhi oleh kondisi tersebut. Komplikasi kulit dapat terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi, dan seringkali merupakan tanda diabetes pertama yang terlihat.

Diabetes tipe 2 dapat disebabkan oleh tubuh tidak cukup memproduksi hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang dapat digunakan.

Sangat penting jika Anda merasa menderita diabetes, untuk berbicara dengan dokter sesegera mungkin.

Salah satu tanda peringatan diabetes yang kurang dikenal adalah kulit yang terus-menerus gatal, kering dan mengelupas.

Diabetes yang tidak terdiagnosis dan peningkatan gula darah juga dapat merusak serabut saraf di seluruh tubuh. Kerusakan ini bisa terjadi di mana saja; Namun, biasanya mempengaruhi saraf di tangan dan kaki. Kerusakan ini bisa menyebabkan rasa gatal.

Selain itu, kerusakan pembuluh darah yang disebabkan oleh peningkatan gula darah dapat mengurangi sirkulasi di anggota tubuh dan dapat mengeringkan kulit sehingga menimbulkan rasa gatal dan pengelupasan.

Jika Anda menderita diabetes, Anda cenderung memiliki kulit kering, kata American Academy of Dermatology Association.

“Gula darah tinggi dapat menyebabkan ini.“Jika Anda mengalami infeksi kulit atau sirkulasi yang buruk, ini juga dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Beri tahu dokter Anda tentang kulit Anda yang sangat kering. Mengontrol diabetes dengan lebih baik dapat mengurangi kekeringan. "Jika Anda terus mengalami kulit kering setelah Anda mengontrol diabetes Anda dengan lebih baik, dokter kulit dapat membantu." demikian pernyataan mereka dilansir dari Express.

Menurut Medical News Today, tip gaya hidup untuk mencapai dan menjaga kadar gula darah yang sehat meliputi:

1. Mengikuti diet sehat

2. Berolahraga secara teratur

3. Menjaga berat badan yang sehat

4. Mengikuti rencana perawatan, termasuk penggunaan rutin obat apa pun yang direkomendasikan dokter

Pengobatan

Sebagian besar komplikasi kulit terkait diabetes tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan dan terus-menerus, dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Pilihan pengobatan paling efektif untuk banyak kondisi kulit terkait diabetes adalah pengelolaan gula darah yang efektif.

Namun, dalam kasus yang parah, dokter mungkin meresepkan steroid oral, krim obat, atau pengobatan lain.

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk memeriksa kaki mereka apakah ada perubahan kulit, luka, dan perubahan lainnya setiap hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top