Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore, Instagram Kini Ada Fitur Otomatis Filter DM Negatif

Platform media sosial itu sekarang akan secara otomatis memfilter DM yang bersifat melecehkan. Artinya, permintaan pesan langsung dengan kata, frasa, dan emoji yang menyinggung akan disaring.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 22 April 2021  |  12:10 WIB
Logo Instagram - Istimewa
Logo Instagram - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa teknologi Facebook saat ini sedang mengerjakan fitur baru untuk platform berbagi foto Instagram yang bertujuan membuat layanan menjadi tempat yang lebih aman. 

Dilansir Gizchina, Kamis (22/4) platform media sosial itu sekarang akan secara otomatis memfilter DM yang bersifat melecehkan. Artinya, permintaan pesan langsung dengan kata, frasa, dan emoji yang menyinggung akan disaring. 

Ini bukan pertama kalinya Instagram mencoba memerangi ujaran kebencian di platform miliknya. Awal tahun ini, perusahaan juga mengumumkan bakal mulai menonaktifkan akun dengan catatan pengiriman pesan yang tidak pantas. 

Saat ini, aplikasi tersebut mengambil langkah yang lebih agresif dengan memungkinkan pengguna untuk menyaring pesan langsung atau direct message yang kasar secara otomatis. 

Fitur baru ini akan menyasar para selebriti dan publik figur lantaran mereka menerima banyak DM setiap hari dan kebanyakan dari pesan yang diterima menerima mengandung isi yang tidak baik. 

Instagram akan memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan filter permintaan pesan di bagian baru. Jika fitur diaktifkan, DM yang menyinggung secara otomatis akan disaring dan disimpan di folder terpisah. 

Hal yang baru adalah bahwa DM akan tampak tersembunyi yang berarti pengguna dapat menelusuri pesan tanpa perlu membacanya. Pengguna juga punya opsi untuk membaca, menghapus, atau melaporkan pesan yang difilter. 

Untuk memfilter DM yang melecehkan, Instagram akan menggunakan daftar frasa ofensif yang telah ditetapkan sebelumnya. Perusahaan mengklaim daftar itu telah dibuat dengan kerja sama organisasi anti-diskriminasi dan anti-intimidasi. 

Dilaporkan bahwa fitur ini akan segera diluncurkan di beberapa negara dalam beberapa minggu mendatang. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai nama-nama negara yang akan mendapatkan akses awal untuk mencoba fitur ini. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi instagram
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top