Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Manfaat Luar Biasa Kelengkeng Untuk Penderita Diabetes

Kelengkeng adalah buah yang terkenal karena profil nutrisinya. Semua bagian seperti daging buah, daun, biji, bunga, dan kulit tanamannya mengandung fitokimia dalam jumlah tinggi seperti kaempferol, saponin, stigmasterol, epicatechin, leucocyanidin, malvidin glikosida, procyanidin A2, dan procyanidin B2.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 April 2021  |  10:58 WIB
Kelengkeng - istimewa
Kelengkeng - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Buah kelengkeng ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi penderita diabetes. Buah berukuran kecil berkulit cokelat keemasan dan berwarna putih di dalamnya ini mengandung banyak senyawa bioaktif yang membantu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan kekebalan untuk mencegah komplikasi terkait diabetes.

Kelengkeng adalah buah yang terkenal karena profil nutrisinya. Semua bagian seperti daging buah, daun, biji, bunga, dan kulit tanamannya mengandung fitokimia dalam jumlah tinggi seperti kaempferol, saponin, stigmasterol, epicatechin, leucocyanidin, malvidin glikosida, procyanidin A2, dan procyanidin B2.

Melansir Boldsky, Selasa (27/4/2021), berikut manfaat yang didapat dari lengkeng untuk penderita diabetes :

1. Memiliki efek anti-diabetes 

Menurut sebuah penelitian, fenolat dalam lengkeng menunjukkan aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, anti-diabetes, dan imunomodulator yang kuat. Konsumsi lengkeng dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas pada pankreas karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya serta meningkatkan produksi insulin. Di sisi lain, ini juga dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengelola komplikasinya.

2. Mencegah katarak akibat gula 

Diabetes dapat terus menyebabkan komplikasi seperti katarak, terutama pada orang di atas 50 tahun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lengkeng berperan penting dalam mencegah katarak akibat gula. 

Empat senyawa minor seperti asam dihydroxybenzoic, D-mannitol, 39,59-di-O-beta-glukopiranosida, dan 39-O-beta-glukopiranosida dalam lengkeng memiliki aksi penghambatan yang kuat terhadap glukosa dan dengan demikian, dapat membantu mencegah atau mengobati komplikasi diabetes ini.

3. Melindungi dari cedera saraf 

Diabetes bisa menjadi penyebab banyak kondisi neurologis. Ini karena kadar glukosa tinggi yang berkepanjangan dalam tubuh dapat melemahkan dinding saraf dan menghalangi suplai oksigen serta nutrisi ke saraf, dan menyebabkan neuropati diabetes. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa biji lengkeng memiliki efek pelindung saraf dan dapat membantu mencegah cedera saraf atau menunda perkembangannya. 

4. Mencegah timbulnya diabetes terkait Alzheimer 

Diabetes mellitus tipe 2 dapat berkontribusi pada perkembangan Alzheimer atau demensia dan menyebabkan gangguan kognitif pada penderitanya. Lengkeng memiliki efek pelindung saraf yang dapat membantu meningkatkan kemampuan memori dan pembelajaran serta meningkatkan atau memperlambat perkembangan penyakit degeneratif. Selain itu, saponin dalam lengkeng dapat membantu menurunkan glukosa pada penderita Alzheimer.

5. Mengurangi kerusakan oksidatif pada pankreas 

Dalam sebuah penelitian disampaikan bahwa oligonol, polifenol dalam kulit lengkeng dapat membantu mengurangi efek stres oksidatif pada pankreas dan dengan demikian melindungi organ dari kerusakan serta peradangan akibat radikal bebas. Oligonol secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh dan meningkatkan produksi insulin karena efek antioksidan dan antiinflamasinya. 

6. Meningkatkan kekebalan 

Hiperglikemia bertanggung jawab atas disfungsi sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan penyebaran patogen pada penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, senyawa bioaktif dalam lengkeng dapat membantu meningkatkan produksi makrofag yang membantu menghancurkan patogen dan dengan demikian meningkatkan kekebalan. 

7. Mencegah kerusakan hati akibat diabetes 

Oligonol dalam lengkeng tidak hanya bertanggung jawab untuk melindungi pankreas, tetapi juga hati yang membantu dalam menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen untuk digunakan nanti. Oligonol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang disebabkan karena penumpukan lemak berlebih di hati penderita diabetes. Selain itu, membantu melindungi hati dari stres oksidatif dan peradangan karena efek hepatoprotektifnya.

8. Indeks glikemik rendah 

Indeks glikemik lengkeng 57 dan beban glikemik 9/100 g. Artinya saat dikonsumsi, lengkeng cenderung melepaskan glukosa secara perlahan dan mantap, tanpa langsung meningkatkan kadar gula. Oleh karena itu, lengkeng bisa menjadi salah satu buah musiman yang sehat untuk diet diabetes. 

9. Kandungan serat yang tinggi 

Serat sangat penting dalam pengelolaan diabetes. Lengkeng kaya akan serat makanan dan tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Itu juga dikemas dengan sejumlah besar nutrisi seperti magnesium, folat, dan vitamin B-kompleks, yang dikenal untuk menurunkan stres oksidatif, melindungi sel pankreas dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

10. Mencegah komplikasi diabetes terkait jantung 

Lengkeng kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan juga memiliki sejumlah mineral seperti kalium, zat besi, magnesium, dan folat. Mineral penting ini dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh dan mengatur tekanan darah dan dengan demikian, mencegah berbagai gejala jantung akibat diabetes seperti stroke dan tekanan darah tinggi. 

Kendati demikian, selain manfaat luar biasa dari lengkeng tersebut, dikatakan pula dalam sejumlah penelitian bahwa lengkeng dapat berinteraksi dengan obat diabetes atau insulin tertentu. Ini dapat meningkatkan risiko perdarahan bila diminum dengan obat-obatan seperti antikoagulan, aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid. Jika lengkeng dikonsumsi dengan ramuan lain seperti Ginkgo biloba, risiko pendarahan bisa meningkat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes buah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top