Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Tanda Tubuh Anda Kelebihan Garam

Garam yang biasa di makan membantu mengendurkan dan mengencangkan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral dan air yang kita konsumsi.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  13:06 WIB
Garam - istimewa
Garam - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Garam adalah bumbu yang biasa digunakan untuk membumbui makanan dan berfungsi sebagai pengawet. Garam mengandung sekitar 60 persen klorida dan sekitar 40 persen natrium.

Garam yang biasa di makan membantu mengendurkan dan mengencangkan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral dan air yang kita konsumsi.

Namun tubuh hanya membutuhkan sedikit natrium, yaitu mendapatkan sekitar 1.500 miligram setiap hari. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Melasir dari webmd, berikut adalah tanda tubuh terlalu banyak mengkonsumsi garam :

1. Kembung

Kembung adalah kondisi saat perut terasa bengkak atau kencang. Itu adalah salah satu efek jangka pendek yang paling umum dari terlalu banyak garam. Ini membantu tubuh Anda menahan air, sehingga cairan ekstra menumpuk. Makanan tidak harus terasa asin agar tinggi natrium. Sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam yang licik.

2. Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak alasan mengapa Anda mengalami tekanan darah tinggi, tetapi salah satunya terlalu banyak natrium. Perubahan tekanan darah terjadi melalui ginjal. Terlalu banyak garam membuat ginjal lebih sulit membuang cairan yang tidak Anda butuhkan. Akibatnya, tekanan darah pun naik.

3. Bengkak

Pembengkakan bisa menjadi tanda terlalu banyak natrium dalam tubuh Anda. Bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, dan pergelangan kaki kemungkinan besar akan membengkak. Jika Anda lebih bengkak dari biasanya, lihat berapa banyak garam yang Anda makan.

4. Haus Berlebihan

Jika akhir-akhir ini sering merasa benar-benar haus, itu bisa menjadi tanda bahwa makan terlalu banyak garam. Jika itu terjadi, tandanya tubuh mengalami dehidrasi. Tubuh menarik air dari sel Anda, dan saat itulah mulai merasa sangat haus. Air minum dapat membantu menetralkan garam tersebut dan menyegarkan sel-sel tubuh.

5. Berat Badan Meningkat

Saat banyak minum menahan air, berat badan Anda juga bertambah. Jika berat badan bertambah dengan cepat selama seminggu atau bahkan beberapa hari, itu mungkin karena tubuh memiliki terlalu banyak garam. Jika berat badan Anda bertambah lebih dari 2 pon dalam sehari atau 4 pon dalam seminggu, pikirkan kembali makanan apa yang Anda makan selama beberapa hari terakhir dan cobalah membuat perubahan untuk mengurangi garam.

6. Sering Menggunakan Toilet

Lebih banyak garam bisa membuat Anda lebih sering ke toilet. Itu karena garam bisa membuat sangat haus sehingga mendorong untuk minum lebih banyak air. Pada akhinya harus lebih sering ke kamar mandi dari biasanya.

7. Tidak Tidur Nyenyak

Makan terlalu banyak garam sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pada tidur. Tanda-tandanya bisa berupa tidur gelisah, sering terbangun di malam hari, hingga tidak merasa istirahat di pagi hari.

8. Merasa Lemah

Ketika terlalu banyak garam dalam darah Anda, air menyembur keluar dari sel tubuh untuk mengencerkan garam. Hasilnya, Anda mungkin mulai merasa lebih lemah dari biasanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan garam
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top