Panbio Covid-19 Ag Rapid Test Device. Produk tidak tersedia di semua negara. Tidak disetujui untuk dijual di Amerika Serikat. /Abott
Health

Baru! Abott Keluarkan Alat Tes Antigen Nasal Panbio

Anitana Widya Puspa
Minggu, 16 Mei 2021 - 08:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Abbott, perusahaan peralatan medis dan perawatan kesehatan asal Amerika mengeluarkan produk swab antigen terbaru, yaitu Abbott Panbio Antigen Nasal.

Sanjeev Johar, Wakil Presiden Divisi Bisnis Diagnostik Cepat Abbott Asia Pasifik, mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk menghentikan Covid-19, seperti dengan 3T (tracing, testing, and treatment) yang sangat berguna untuk identifikasi awal Covid-19. Adapun pemerintah menetapkan swab antigen sebagai salah satu metode testing.

"Alat yang tersedia di banyak point of care dapat digunakan tanpa laboratorium maupun alat instrumen tambahan lain dan mampu mengidentifikasi pasien tertular Covid-19 dalam 15 menit sehingga cocok untuk pengujian dalam skala besar," ujarnya, Minggu (16/5/2021).

Namun demikian, seperti dikutip dari situs resminya, Abbott Panbio Antigen Nasal tidak tersedia di semua negara. Produk ini juga tidak disetujui untuk dijual di Amerika Serikat.

Indah Susanti, dokter yang sering menangani pengetesan swab PCR dan antigen, mengatakan bahwa sangat penting untuk memastikan test kit untuk test antigen itu sudah sesuai memiliki izin edar dari Kemenkes, direkomendasikan oleh WHO, atau memiliki keakuratan yang ditetapkan pemerintah yaitu memiliki sensitivitas lebih besar dari 80 persen dan spesifisitas lebih besar dari 97 persen.

Dia juga mengaku kerap menerima keluhan pasien yang merasa tidak nyaman ketika proses pengambilan sampel sekresi maupun setelahnya, terutama pada anak-anak. Oleh karena proses yang kadang menimbulkan traumatis tersebut, terkadang nakes harus berada dekat dengan pasien untuk waktu lebih lama dan hal tersebut tentu meningkatkan risiko penularan.

Oleh karena itu nakes harus selalu berhati-hati dan melengkapi dirinya dengan pelindung yang maksimal. "Penggunaan Abbott Panbio cenderung mudah, untuk pengambilan sampel hanya sedalam 2 cm dari lubang hidung, sehingga meminimalkan reflex yang mengganggu seperti batuk dan bersin tanpa mengurangi keakuratan hasilnya. Alat ini memiliki sensitivitas 98,1 persen dan spesifitas 99,8 persen," imbuhnya.

Berdasarkan studi epidemiologi, Indonesia menghadapi potensi ledakan kasus Covid-19 paska Idul Fitri dan hal tersebut sudah pernah terjadi di Indonesia.

Dicky Budiman, Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health, Griffith University Australia pun menekankan pentingnya memperkuat survailans epidemiologi di masyarakat seperti pengumpulan data deteksi kasus, sistem pelaporan, pengolahan, analisis hingga interpretasi data yang dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan.

Selain itu aspek-aspek umum di layanan kesehatan juga harus diperkuat misal adanya program jangkauan ke rumah-rumah, penguatan sistem kesehatan (SDM, alat, obat dll), menyiapkan mekanisme rujukan serta penguatan survailans genomic (di level pusat)

Memberlakukan pembatasan pergerakan manusia (seperti PSBB) sebelum masa liburan tiba juga harus dilakukan untuk mengurangi risiko sakit. Dan meski telah mendapatkan vaksinasi, setiap individu harus memiliki prinsip jaga diri, menjaga konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan, karena cukup hanya 1 orang terinfeksi untuk perburuk situasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro