Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan dan Minuman Berikut Redakan Demam dan Pilek

Beberapa makanan terbukti membantu meredakan gejala pilek dan demam. Cek makanan apa saja yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  11:41 WIB
Buah Kiwi - Blackpeppercorn
Buah Kiwi - Blackpeppercorn

Bisnis.com, JAKARTA  - Sup ayam menjadi makanan klasik untuk penderita pilek, tetapi ini bukan satu-satunya pilihan.

Ada sejumlah makanan lain yang dapat membantu merasa lega dan bangkit kembali.

Berikut makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi pilek atau demam dikutip dari Insider, Kamis (20/5/2021):

1. Makanan tinggi vitamin C, seng, magnesium dan kalsium

Dokter yang berfokus pada pengobatan alami, Fred Pescatore mengatakan, pada gejala awal pilek, Anda ingin focus pada pola makan yang akan meningkatkan sistem kekebalan. vitamin dan mineral seperti vitamin C, zinc, magnesium dan kalsium adalah kuncinya.

Vitamin C, zinc telah digunakan sebagai pengobatan pilek dan demam selama beberapa dekade. Kedua nutrisi ini tidak akan mencegah Anda dari sakit, tetapi dapat meredakan gejala.

Jumlah vitamin C yang disarankan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 75 miligram (mg) untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

Sejumlah makanan yang memiliki banyak vitamin C meliputi jeruk, paprika merah, stroberi, brokoli dan kiwi.

Adapun, jumlah zinc yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah 8 mg untuk wanita dan 11 mg untuk pria. Makanan tinggi zinc antara lain buncis panggang, kacang mete sangrai, daging sapi panggang dan tiram.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian menunjukkan kekurangan magnesium dapat menyebabkan sistem kekebalan melemah.

Oleh karena itu, memenuhi asupan magnesium dalam makanan dapat membantu melawan infeksi.

Jumlah magnesium yang direkomendasikan per hari untuk rata-rata orang dewasa adalah antara 310 mg untuk wanita, dan 420 mg untuk pria. Makanan kaya magnesium meliputi alpukat, selai kacang, bayam dan almond.

2. Air, kaldu dan teh bebas kafein

Selain makan, minum yang cukup juga penting. Pilek dapat membuat Anda dehidrasi, jadi minumlah banyak air, dan hindari cairan yang dapat membuat semakin dehidrasi.

"Hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi atau virus. Cairan seperti kaldu dan teh (bebas kafein) adalah pilihan terbaik Anda," kata Pescatore.

Hindari minuman manis seperti soda, karena kandungan gula di dalamnya dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit untuk pulih dari sakit.

Sementara, minuman lain seperti kopi, alkohol, dan jus buah juga dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Suplemen

Saat Anda sakit, Anda mungkin kehilangan nafsu makan, sehingga membuat lebih sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pulih. Dalam hal ini, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral.

"Diet sehat normal harus mencakup cukup vitamin dan mineral, tetapi jika diperlukan, juga dapat melengkapi dengan suplemen untuk memastikan Anda mendapatkan tingkat yang tepat," jelas Pescatore.

Salah satu nutrisi yang telah dicoba dan benar untuk memastikan pemulihan yang cepat dari pilek adalah vitamin C.

Penelitian kecil menunjukkan suplemen yang berasal dari elderberry, ginseng, dan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan mengurangi durasi penyakit Anda.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c demam berdarah flu

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top