Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Daftar Pantangan Makanan untuk Penderita Kista, Daging Merah Salah Satunya

Urutan pertama adalah daging merah sapi dan keju. Mengonsumsi makanan ini dapat berisiko terbentuknya kista ovarium jinak, bahkan jika berlebihan bisa memperparah kista.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Mei 2021  |  07:11 WIB
Daging merah berprotein - boldsky.com
Daging merah berprotein - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengidap kista ovarium harus menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah penyakit tersebut. Sayangnya menghindari makanan pantangan tersebut juga tidak serta-merta menyembuhkan penyakit ini.

Kista yang berukuran besar, perlu perawatan lanjutan seperti konsumsi obat dan melakukan operasi. Kista ovarium sendiri adalah kantong berisi cairan yang tumbuh di dalam atau sekitar indung telur.

Sebenarnya sebagian jenis kista ovarium tidak berbahaya bahkan bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada pula jenis kista yang ganas dan bisa menimbulkan nyeri hebat.

Sebaiknya menjalankan pola hidup sehat dapat membantu proses penyembuhan terutama membatasi makanan yang dilarang. Adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Urutan pertama adalah daging merah sapi dan keju. Mengonsumsi makanan ini dapat berisiko terbentuknya kista ovarium jinak, bahkan jika berlebihan bisa memperparah kista.

Begitupun makanan berlemak sangat berpengaruh pada terbentuknya kista ovarium. Biasanya terdapat pada makanan cepat saji. Seperti mi instan, ikan asin dan makanan kaleng, bahan pengawet yang terkandung di dalamnya bisa memperbesar ukuran kista.

Penderita kista juga disarankan mengurangi porsi nasi putih karena sudah memiliki kadar insulin yang tinggi. Pasalnya nasi putih merupakan salah satu jenis makanan tinggi karbohidrat yang bisa memicu naiknya kadar insulin di tubuh.

Masih berkaitan dengan insulin, penderita kista juga harus membatasi konsumsi roti tawar, kentang serta makanan dan minuman yang manis-manis. Karena hormon insulin dalam tubuh pengidap kista diduga tidak bisa bekerja dengan baik dalam mengubah gula menjadi energi.

Makanan pantangan selanjutnya adalah makanan laut, karena mengandung kolesterol yang tinggi. Sementara itu beberapa buah dan sayur justru harus dihindari. Untuk buah berupa nanas, durian, anggur, lengkeng dan nangka. Sebab kandungan alkohol alaminya bisa memicu kista ovarium berkembang menjadi kanker. Sedangkan sayuran seperti sawi putih, tauge, kangkung dan cabai.

Penderita kista juga dilarang mengonsumsi unggas yang disuntik obat-obatan kimia. Pasalnya hormon yang disuntikkan untuk menambah bobot unggas sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, termasuk kista.

Terakhir minuman mengandung kafein, soda dan alkohol sangat terlarang bagi penderita kista. Kandungan pada minuman berbahan tersebut bisa meningkatkan kadar esterogen yang akan memperburuk kondisi kesehatan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan Kista

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top