Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bikin Umur Panjang, Ini Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Sebuah penelitian di Norwegia menemukan, bahwa orang dengan selera humor kuat hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak banyak tertawa.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Juni 2021  |  08:10 WIB
Jack Ma, pendiri e-commerce raksasa dari China, Alibaba, tertawa saat acara di Universitas Tel Aviv, Israel, 3 Mei 2018. - Reuters
Jack Ma, pendiri e-commerce raksasa dari China, Alibaba, tertawa saat acara di Universitas Tel Aviv, Israel, 3 Mei 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Tertawa adalah respons fisiologis manusia terhadap humor. Ketika Anda tertawa terbahak-bahak. maka dapat terjadi banyak perubahan pada bagian tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Peneliti menemukan, bahwa tertawa mampu menambah jangka waktu hidup seseorang, lalu apakah ada manfaat lainnya?

Dilansir dari Help Guide, berikut lima manfaat tertawa bagi kesehatan:

1. Merilekskan Tubuh

Tertawa yang baik dan hangat dapat mengurangi ketegangan fisik dan stres, ia turut membuat otot merasa rileks hingga 45 menit setelah tertawa.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tertawa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi penangkal infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan Anda terhadap penyakit.

3. Memicu Pelepasan Hormon Endorfin

Saat tertawa, tubuh meningkatkan pelepasan zat hormon endorfin yang membantu meningkatkan perasaan nyaman, dan membantu menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

4. Melindungi Hati

Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi diri dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

5. Memperpanjang Usia

Sebuah penelitian di Norwegia menemukan, bahwa orang dengan selera humor kuat hidup lebih lama dibandingkan mereka yang tidak banyak tertawa. Perbedaan mencolok terlihat pada mereka yang hidup melawan kanker.

Melihat banyaknya manfaat tertawa bagi kesehatan sudah sepatutnya membuat Anda mulai membiasakan sering tertawa daripada cemberut mulai dari sekarang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan hormon

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top