Ilustrasi sulit tidur./Istimewa
Health

Kualitas Tidur Buruk? Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Tidur yang Nyenyak

Newswire
Sabtu, 5 Juni 2021 - 00:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Tidur nyenyak adalah kunci untuk hidup produktif. Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, makanan yang dikonsumsi pun ternyata berpengaruh.

Setiap orang membutuhkan tidur setidaknya 6-8 jam tiap malam. Pola tidur yang teratur penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena membantu mempertahankan tingkat energi dan menurunkan tingkat stres.

Makanan dapat membantu kita dalam pengaturan pola tidur dan memastikan kita bisa tidur nyenyak tanpa begadang. Berikut adalah lima makanan terbaik untuk dimasukkan dalam diet sebelum tidur seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

1. Kacang almond
Almond mengandung melatonin dosis tinggi yang membantu mengatur tidur dan siklus bangun. Almond bisa menjadi opsi camilan sehat karena merupakan salah satu makanan super.

2. Susu hangat
Sudah umum diketahui bahwa susu hangat bisa menjadi obat untuk membantu kita tidur nyenyak. Campurkan susu hangat dengan bubuk kunyit untuk pencernaan dan kekebalan tubuh yang lebih baik.

3. Teh chamomile
Teh chamomile klasik adalah obat tradisional untuk mengobati insomnia. Ramuan ini mengandung senyawa flavonoid yang dikenal memiliki sifat menginduksi tidur.

4. Kenari
Kacang kenari mengandung beberapa senyawa yang membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, di antaranya melatonin, serotonin, dan magnesium. Kenari bisa dimakan sebagai camilan sehat sebelum tidur atau untuk mengunyah larut malam.

5. Pisang
Pisang mengandung potasium dan magnesium yang dikenal dapat mengendurkan otot. Pisang juga mengandung asam amino L-tryptophan, yang diubah menjadi 5-HTP di otak. Senyawa ini kemudian diubah menjadi serotonin, yang merupakan neurotransmitter yang menenangkan sehingga dapat membantu kita tidur lebih lelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro