Main ponsel sebelum tidur/Boldsky
Health

Cara Memanfaatkan Ponsel untuk Hindari Masalah Kesehatan Mental

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 7 Juni 2021 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ponsel sering mendapat titel buruk sebagai sumber masalah kesehatan mental.

Itu karena ponsel adalah pintu gerbang ke media sosial yang mengarah pada potensi jebakan kehidupan nyata.

Dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa ponsel pintar dapat membuat ketagihan.

Mengabaikan smartphone atau ponsel pintar dianggap ampuh dapat digunakan untuk membuat merasa lebih tenang, lebih produktif, dan kesehatan mental .

Namun, ponsel pintar juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan mental yang baik.

Melansir dari brit.co, Senin( 7/6/2021), berikut cara memanfaatkan ponsel untuk tingkat kesehatan mental:

1. Ambil foto seharian

Sebuah studi diterbitkan dalam jurnal health menghabiskan dua bulan mengikuti delapan orang. Mereka mengambil dan memposting foto aktivitas seharian ke situs berbagi, dan dilihat bagaimana praktik tersebut memengaruhi kesehatan mental mereka.

Para peserta melaporkan berbagai manfaat seperti proyek tersebut mendorong mereka untuk lebih berhati-hati dan meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu untuk diri mereka sendiri, bahkan pada hari yang sibuk.

Mengetahui bahwa mereka harus menemukan sesuatu untuk di foto, itu akan memberi mereka alasan dalam meninggalkan rumah dan rasa tujuan yang terstruktur.

Selain itu, komunitas online yang mengomentari dan menyukai foto-foto tersebut membuat sebagian dari mereka merasa memiliki.

Meskipun yang lain melaporkan bahwa kewajiban untuk menanggapi para pengikut membuat mereka merasa kewalahan.

Mereka yang telah melalui perjuangan pribadi mengatakan bahwa memiliki catatan foto adalah pengingat visual bahwa mereka telah berhasil melewatinya.

2.Gunakan aplikasi kesehatan mental

Aplikasi kesehatan mental mudah diakses dan sering kali gratis.

Aplikasi kesehatan mental adalah lapisan dukungan lain saat alami hari yang sulit dan tidak dapat menghadiri sesi kelompok dukungan tambahan.

Satu studi melihat ulasan dari berbagai aplikasi dan menemukan bahwa mereka dapat memperbaiki gejala kondisi seperti depresi dan kecemasan. Aplikasi yang berbeda akan melayani kebutuhan kesehatan mental yang berbeda.

Jika Anda memerlukan informasi atau pengingat untuk minum obat, aplikasi dapat memberikan layanan pesan teks berupa informasi.

3. Buat daftar musik

Mendengarkan lagu favorit dapat meningkatkan mood secara instan. Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat menghentikan produksi hormon stres kortisol dan dapat membantu mengurangi tekanan emosional dari rasa sakit fisik.

Analisis dari 25 penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Psychiatry menemukan bahwa terapi musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan non-invasif untuk gangguan mood dan depresi pada pasien dengan kondisi neurologis.

Dan ini bukan hanya untuk musik klasik, tapi genre apa pun yang Anda suka.

Sementara para ilmuwan dulu berpikir bahwa mendengarkan Mozart secara khusus memiliki pengaruh positif pada otak.

Penelitian lebih lanjut sejak itu menunjukkan bahwa jenis musik kurang penting daripada kesenangan terhadapnya.

4.Tonton video kucing

Diterbitkan di jurnal Elsevier, penelitian melihat mengapa orang menonton video kucing online dan potensi pro dan kontra. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang menonton video kucing sebagai metode manajemen suasana hati.

Dan setelah menonton kucing di internet, pemirsa melaporkan tingkat emosi negatif lebih rendah dan emosi yang lebih positif berenergi kembali.

5. Gunakan aplikasi meditasi terpandu

Amanda Ruiz, MS, LPC, konselor yang berbasis di Pennsylvania dan pendiri The Counseling Collective, merekomendasikan aplikasi untuk meditasi.

Saat pertama mencoba bermeditasi bisa jadi sulit untuk memperhatikan indra Anda, atau untuk tetap fokus pada satu pikiran positif. Aplikasi seperti Calm dan Headspace menawarkan meditasi terpandu bagi mereka yang tidak yakin bagaimana memulai meditasi.

Baik Calm dan Headspace menawarkan uji coba gratis tujuh hari dengan opsi untuk berlangganan jika ingin mengakses semua fitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro