Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Baik, Ada Obat Baru untuk Penyakit Alzheimer

Amerika Serikat menemukan adanya pengembangan obat baru untuk penyakit yang sulit diobati yakni alzhaimer.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  20:24 WIB
Ilustrasi - meioambienterio.com
Ilustrasi - meioambienterio.com

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) untuk pertama kalinya dalam 18 tahun menyetujui obat untuk penyakit Alzheimer.

Melansir KBS World pada Selasa (8/6/2021), Kantor Berita Associated Press (AP) melaporkan bahwa FDA telah memberi pengakuan atas obat baru yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AS, Biogen, bersama perusahaan farmasi Jepang, Eisai.

Sebelumnya, FDA pernah memberikan persetujuan untuk obat penyakit Alzheimer pada tahun 2003 lalu, namun obat itu hanya menangani rasa khwatir atau insomnia, sehingga persetujuan untuk obat yang menangani penyebab penyakit Alzheimer ini merupakan yang pertama kalinya.

Namun, obat baru itu tidak mampu menyembuhkan gejala penyakit Alzheimer, melainkan hanya menunda gejalanya. Penderita Alzheimer harus menerima suntikan obat Aduhel ini sekali dalam empat minggu.

AP melaporkan bahwa pengakuan obat baru tersebut oleh FDA ini kembali menimbulkan kontroversi terkait pengembangan obat baru untuk penyakit yang sulit diobati, mengingat terdapat peringatan dari para pakar terkait risiko obat baru yang efeknya belum dibuktikan.

Sebelumnya, dewan rekomendasi pakar dari luar FDA memutuskan untuk tidak merekomendasikan persetujuan atas obat baru Biogen tersebut pada bulan November tahun lalu.

Sementara itu, FDA meminta Biogen mengadakan penelitian lanjutan untuk membuktikan efek dari obat baru tersebut. Hal itu ditafsirkan obat baru ini akan dijual di pasaran apabila efeknya telah dapat dibuktikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat alzheimer
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top