Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Manfaat Mengonsumsi Semangkok Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya dengan zat besi. Pastikan menggabungkannya dengan buah jeruk untuk meningkatkan penyerapan.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  20:55 WIB
Bayam - boldsky.com
Bayam - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bayam merupakan sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, terlebih untuk anak anak. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai sayuran yang berguna untuk meningkatkan kontrol glukosa bagi para penderita diabetes.

Bayam juga bisa digunakan untuk menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan tulang, serta memasok mineral dan vitamin yang dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan. 

Dilansir dari Medical News Today pada Senin (7/6/2021), berikut nilai nutrisi dan zat yang terkandung dalam bayam. Didalam satu mangkok bayam, anda akan mendapatkan nilai gizi seperti berikut dan berbagai macam zat lainnya:

1. 7 kalori

2. 0,86 gram (g) protein

3. 30 miligram (mg) kalsium

4. 0,81 g besi

5. 24 mg magnesium

6. 167 mg kalium

7. 2.813 unit internasional (IU) Vitamin A

8. 58 mikrogram folat

9. Bayam juga mengandung vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin. Sebagian besar kalori dalam bayam berasal dari protein dan karbohidrat.

Besi

Kekurangan zat besi dalam makanan dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Bayam adalah sumber zat besi yang hebat. Pastikan untuk menggabungkan makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk dengan zat besi nabati seperti bayam untuk meningkatkan penyerapan.

Kalsium

Bayam mengandung sekitar 250 mg kalsium per cangkir. Namun, itu kurang mudah diserap daripada kalsium yang diperoleh dari sumber susu. Bayam memiliki kandungan oksalat yang tinggi, yang mengikat kalsium. Hal ini membuat tubuh kita sulit untuk menggunakannya.

Magnesium

Bayam juga merupakan salah satu sumber magnesium makanan terbaik, yang diperlukan untuk metabolisme energi, menjaga fungsi otot dan saraf, irama jantung yang teratur, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam ratusan reaksi biokimia lainnya yang terjadi di dalam tubuh.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sayuran tips sehat
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top