Ilustrasi sarapan. Makanlah semua makanan Anda, karena melewatkan makan dapat membuat Anda merasa lelah. /Antara
Health

Mengalami Depresi? Hadapi dengan 6 Tips Ini

Ni Luh Anggela
Senin, 14 Juni 2021 - 12:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda sedang merasakan sedih mendalam, putus asa atau tidak berharga? Mungkin Anda sedang mengalami depresi.

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli, yang jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan seseorang  mengalami gangguan hubungan sosial hingga muncul keinginan untuk bunuh diri.

Oleh karena itu sangat penting untuk menangani depresi Anda dengan baik dan tepat.

Amy Tran, seorang psikolog lulusan University of Windsor, berbagi beberapa strategi untuk mengatasi depresi yang tidak hanya menargetkan pikiran dan keyakinan Anda.

“Ketika saya bekerja dengan klien, saya selalu mencoba untuk memasukkan diskusi tentang pentingnya kebiasaan gaya hidup kita, seperti apa yang kita makan, seberapa sering kita bergerak dan seberapa banyak kita tidur,” tulis Ami di laman Instagramnya @doodledwellness, Senin (14/6/2021).

Dalam postingannya, ia menyoroti enam tips berbeda yang dapat membantu meningkatkan dan mengatur suasana hati Anda.

Ingatlah untuk memulai dari hal kecil sehingga Anda dapat mengalami beberapa kesuksesan. Ingat juga, perubahan itu membutuhkan waktu. Jika Anda tidak melihat sesuatu yang drastis dalam beberapa hari, cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri.

1. Mulailah dengan langkah kecil

Anda kekurangan energi untuk melakukan apapun sehingga pemulihan bisa tampak luar biasa. Langkah pertama selalu yang paling sulit untuk diambil. Tetapi mengambil satu langkah kecil dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi Anda, yang akan membuat Anda lebih mudah untuk mengambil langkah kedua.

2. Terhubung

Isolasi dapat memperburuk perasaan depresi Anda. Anda bukan beban. Jangkau dukungan, minta orang yang dicintai untuk memeriksa Anda, atau bergabunglah dengan kelompok pendukung untuk depresi.

“Bahkan jika Anda tidak menyukainya, tetaplah terhubung dengan menelepon seseorang, menghadiri acara sosial, menjadi sukarelawan, atau menjadwalkan kencan makan malam atau makan siang,” tulis Amy.

3. Gerakkan tubuhmu

Mungkin sulit untuk bangun dari tempat tidur, tetapi olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk memerangi depresi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga bisa seefektif antidepresan dengan menyadari zat kimia yang baik di otak Anda (endorfin) dan membuat koneksi baru di otak Anda. Lari, mengajak anjing Anda jalan-jalan, berolahraga di rumah, atau yoga. Tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil.

4. Bahan bakar tubuh Anda

Makanlah semua makanan Anda, karena melewatkan makan dapat membuat Anda merasa lelah. Alkohol adalah depresan jadi kurangi asupan alkohol Anda. Makanan yang kaya asam lemak Omega 3 dan B12 telah terbukti memperbaiki gejala depresi. Usus Anda menciptakan lebih banyak bahan kimia bahagia (serotonin) daripada otak Anda sehingga penting untuk menyehatkan tubuh Anda.

5. Dapatkan sinar matahari

Vitamin D meningkatkan suasana hati Anda dengan meningkatkan bahan kimia bahagia (serotonin). Habiskan setidaknya 15 menit setiap hari di luar tanpa kacamata hitam - tetapi jangan menatap langsung ke matahari. Anda bisa berbaring di rumput, berjalan-jalan, atau makan siang di luar.

6. Bersikaplah realistis

Perubahan membutuhkan waktu. Anda melakukan yang terbaik yang Anda bisa. Langkah kecil sama dengan kemajuan besar. Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak melihat perubahan besar. Teruskan. Anda akan menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro