Sembelit/boldsky.com
Health

10 Cara Alami Mengatasi Sembelit

Yuliana Hema
Selasa, 15 Juni 2021 - 10:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sembelit merupakan masalah yang sangat umum dijumpai oleh orang-orang. Biasanya sembelit disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, gaya hidup, obat-obat yang minum atau hingga kondisi tubuh. 

Ada banyak cara alami untuk membantu meredakan sembelit dan Anda bisa melakukannya di rumah. Dilansir dari Medical News Today, berikut 10 cara alami untuk meredakan sembelit. 

1. Perbanyak minum air mineral 

Dehidrasi salah satu faktor utama menyebabkan seseorang sembelit. Untuk mencegah hal ini, penting untuk minum cukup air dan tetap terhidrasi.

2. Mengonsumsi makanan kaya akan serat

Makan lebih banyak serat, terutama serat larut yang tidak dapat difermentasi seperti psyllium. Asupan serat yang bertambah dapat meningkatkan jumlah dan konsistensi buang air besar, sehingga  membuat sistem pencernaan lebih lancar. 

3. Berolahraga

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa olahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan, bersepeda, atau jogging. 

4. Minum kopi

Kopi terutama kopi dengan kafein dapat merangsang otot-otot pada sistem pencernaan manusia. Sebuah studi menemukan, kopi berkafein dapat merangsang usus dengan cara yang sama seperti makanan.

tips mencegah sembelit
tips mencegah sembelit

5. Konsumsi makanan olahan atau suplemen probiotik 

Probiotik adalah bakteri hidup dan menguntungkan yang secara alami ada di usus dan dapat membantu mencegah sembelit kronis. Cobalah mengonsumsi makanan kaya akan probiotik seperti yogurt, kol parut dan Kimchi. 

6. Makan mie Shirataki atau suplemen glukomanan 

Glukomanan merupakan jenis serat larut dari akar tanaman konjak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu efektif melawan sembelit. Anda bisa mendapatkan glukomanan dari suplemen atau dengan mengonsumsi shirataki, atau konjak, mie.

7. Gunakan Senna, pencahar herbal 

Senna adalah pencahar herbal yang aman dan efektif yang populer yang membantu mengobati sembelit. Senna dapat merangsang saraf di usus untuk mempercepat buang air besar. Kini Senna dapat ditemui dalam bentuk bubuk atau kapsul. 

8. Makan buah plum

Buah plum mengandung gula alkohol sorbitol, yang memiliki efek pencahar. Plum bisa menjadi obat yang sangat efektif untuk sembelit. 

9. Makan bahanan makanan yang kaya prebiotik 

Prebiotik adalah serat karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Beberapa prebiotik dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar. Ada dapat menemukan kandungan prebiotik dalam bawang putih, pisang, daun bawang, dm buncis. 

10. Hindari produk susu

Bagi Anda yang memiliki intoleransi susu atau laktosa, susu dapat menyebabkan sembelit karena efeknya pada pergerakan usus. Untuk itu bagi sebagian orang menghindari produk susu dapat membantu meringankan gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro