Jarum suntik. /Bloomberg
Health

Tips Menghilangkan Rasa Nyeri di Lengan Setelah Suntik Vaksin Covid-19

Sartika Nuralifah
Jumat, 25 Juni 2021 - 16:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu efek samping dari suntik vaksin adalah rasa nyeri di lengan akibat jarum suntikan.

Kadangkala, rasa nyeri itu meninggalkan rasa pegal dan sakit selama beberapa jam. Tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman.

Yang pertama harus diketahui adalah bahwa ada dua jenis efek samping yang dapat ditimbulkan oleh vaksinasi apa pun, efek lokal dan sistemik. Efek sistemik terjadi di seluruh tubuh Anda, atau di bagian tubuh yang berbeda dari tempat suntikan diberikan.NAnda mungkin berpikir ini mengkhawatirkan. Beberapa orang mungkin berpikir rasa sakit harus dibatasi pada area di mana vaksin diberikan.

Tapi efek samping sistemik seperti sakit kepala, demam, perasaan lelah biasa terjadi setelah vaksin dan biasanya efek ini ringan dan hilang dalam beberapa hari seringkali tidak perlu dikhawatirkan, dan faktanya mereka menunjukkan bahwa vaksin bekerja dengan baik.

Jadi setiap rasa sakit, kemerahan atau pembengkakan ringan di lengan tempat suntikan diberikan adalah reaksi lokal. Gejala-gejala ini sering terjadi ketika otot di lengan Anda bereaksi terhadap sejumlah kecil cairan vaksin yang disuntikkan ke lengan.

Jika Anda mulai mengalami efek samping yang lebih kuat dari dosis kedua vaksin Covid Anda, jangan khawatir meskipun rasa sakit di lengan ini seharusnya tidak mengkhawatirkan, itu bisa membuat Anda tidak nyaman.

Jadi, untuk membantu mengurangi rasa sakit yang dialami di tempat suntikan, Anda dapat mencoba pengobatan mudah ini:

·  Kompres kain dengan air dingin di area tersebut, ini akan mengurangi pembengkakan dan membantu meredakan sebagian rasa sakit.

·  Atau Anda juga bisa mengompresnya dengan air panas, pilih mana yang paling cocok untuk Anda.

·  Minum Ibuprofen, aspirin, dan parasetamol juga dapat diminum setelah vaksinasi untuk meredakan nyeri ringan, Anda hanya boleh meminumnya setelah disuntik, bukan sebagai tindakan pencegahan sebelumnya, pastikan untuk membaca dosis yang direkomendasikan dari bentuk pereda nyeri ini sebagai dosis yang diperlukan dapat bervariasi antara merek yang berbeda.

·  Anda harus melemaskan lengan Anda sebelum disuntik, sangat penting untuk menghindari ketegangan otot lengan Anda selama injeksi. Meskipun beberapa orang dapat menemukan prosesnya membuat stres, penting untuk mencoba menjaga lengan Anda tetap rileks di sisi Anda, dalam posisi netral selama injeksi karena akan lebih menyakitkan bagi Anda setelah itu jika Anda tidak melakukannya.

·  Menjaga lengan Anda tetap aktif setelah vaksin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Cobalah untuk meregangkan lengan Anda dengan lembut setelah divaksinasi dan tetap bergerak dengan mengayunkannya dengan lembut terus menerus, ini akan meningkatkan aliran darah ke tempat suntikan, yang dapat membantu mengurangi nyeri yang terasa di lengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro