Ilustrasi lidah
Health

Bercak Putih pada Lidah, Bisa Jadi Gejala Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 3 Juli 2021 - 12:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kebanyakan kasus, jika Anda melihat bercak putih di lidah Anda, kemungkinan besar itu adalah sariawan.

Dr Kailesh Solanki, dokter gigi untuk Dentalphobia Inggris mengatakan tapi bercak putih itu juga bisa menjadi tanda covid-19.

Pemicu lain mungkin termasuk merokok, antibiotik, diabetes atau anemia.

“Oral thrush terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda rendah dan dapat mengkhawatirkan karena kadang-kadang melibatkan hilangnya rasa, bersama dengan bibir pecah-pecah dan mulut kering. Biasanya tidak serius dan dapat dibersihkan dengan cukup cepat dengan menggores lidah saat menyikat gigi." ujarnya dilansir dari Express.

Bercak putih itu, katanya, biasanya dipicu oleh virus atau sistem kekebalan yang rendah, luka diobati dengan gel khusus atau larutan susu magnesium.

Penyebab yang jauh lebih jarang adalah leukoplakia, ditandai dengan bercak putih atau abu-abu tebal di pipi, gusi dan bagian bawah mulut serta di lidah.

Dr Solanki menjelaskan, penderita cenderung menjadi pengguna dan peminum tembakau dan diperkirakan setelah tertular, virus akan tertidur dengan sesekali kambuh sepanjang hidup Anda.

"Istirahat dari merokok dan minum biasanya akan membantu membersihkan episode leukoplakia."

Menurut Amanda Shayle, pengembang JA Self Care by Puriskin, bintik putih dapat diklasifikasikan dalam tiga cara:

1. Topografi

Topografi adalah (pengecap) kuncup/papil yang membengkak. Ini bisa berarti ketidakseimbangan hormon, dengan pucat atau transparan berarti kekurangan dan merah berarti panas/peradangan, kata Shayle.

Dia menambahkan: “Atau jika 'bulu' lidah telah memanjang dan mungkin menggumpal, ini bisa berarti kelebihan dari beberapa jenis di area itu – bulu terlihat seperti nyala api atau jika digabungkan dengan kondisi stagnan yang dianggap sebagai bentuk. kelembaban yang menyebabkan stagnasi area atau organ.”

2. Pelapisan

Apakah ada area seperti bubur tapi hanya di satu bagian lidah?

Bintik putih/bercak atau area yang luas selalu dianggap sebagai kondisi lembab dan pemandangan barat yang lembab disebut 'candida' atau 'sariawan'.

Shayle berkata: “Ini bisa menjadi akibat dari penyakit dan penggunaan antibiotik. Pertumbuhan jamur juga dianggap lembab yang merupakan tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh dan kegagalan tingkat normal bakteri sehat – misalnya di usus. Jika di bagian atas lidah ini bisa mengindikasikan bronkitis atau kondisi dahak lainnya.

Area bercak putih besar di belakang lidah bisa menunjukkan kelembaban di usus dan, jika sedikit kuning, sembelit.

Lidah dengan bercak putih atau agak kuning dan area lain di mana bulu lidah telah terkelupas. Ini akan menunjukkan kondisi panas yang lebih kronis dan/atau kekurangan sistem pencernaan dan mungkin juga masalah kesehatan lainnya.

3. Warna

Apakah bintik/area putih ini benar-benar putih? Atau agak kuning? Putih mewakili kelebihan dingin, kuning mewakili kelebihan panas, kata Shayle.

Keadaan kesehatan mulut Anda mengatakan lebih banyak tentang kesehatan Anda yang lebih luas daripada yang Anda kira, kata Sarah Ramage, Direktur Klinis, Bupa Dental Care.

“Hubungan antara lidah dan kesehatan mulut/umum sangat erat hubungannya. Dokter gigi sering dapat memberi tahu pasien mereka tentang potensi masalah sebelum mereka sempat membicarakannya dengan dokter mereka.”

Ramage mengatakan bercak putih atau merah di lidah bisa menjadi tanda kanker mulut.

“Tingkat kanker mulut telah meningkat hampir 60% dalam dekade terakhir, jadi penting untuk mengetahui seperti apa lidah yang sehat dan waspada terhadap perubahan apa pun. Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan permukaan yang agak kasar," paparnya.

“Dokter gigi Anda akan mencari tanda-tanda kanker mulut selama pemeriksaan rutin Anda. Bercak putih, pucat atau merah, atau bintik-bintik atau benjolan di lidah bisa menjadi tanda kanker mulut. Jika dokter gigi Anda melihat ini, mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala dan riwayat kesehatan Anda, dan kemudian jika ada kekhawatiran, mereka akan merujuk Anda ke dokter umum atau dokter spesialis kanker mulut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro