Menjaga kesehatan mulut sangat penting bagi tubuh/ilustrasi sikat gigi
Health

Bersihkan Lidah, Bisa Hilangkan 8 Masalah Mulut Ini

Redaksi
Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebersihan kesehatan mulut menjadi hal penting. Bila tidak ditangani dengan baik, maka bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan seluruh tubuh.

Dilansir dari laman mytowncenterdental.com dan dawsonmoderndentistry.com,  Rabu (28/8/2024), membersihkan lidah dapat meningkatkan kesehatan mulut secara signifikan dan mencegah munculnya berbagai macam masalah.

Simak penyakit yang muncul dari kesehatan mulut:

1. Bau mulut (halitosis)

Bau mulut merupakan masalah yang umum dialami banyak orang. Bakteri yang menumpuk di lidah adalah salah satu penyebabnya. Bakteri ini menghasilkan senyawa sulfur volatil (VSC) yang merupakan penyebab utama bau mulut. Membersihkan lidah secara rutin dapat membunuh bakteri tersebut dan mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut.

2. Penumpukan plak

Plak adalah lapisan bakteri lengket yang terbentuk pada gigi dan lidah. Umumnya, orang hanya akan fokus pada bagian gigi. Padahal faktanya, lidah juga dapat menyimpan banyak plak.

Jika tidak ditangani dengan benar, plak dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Menyikat lidah secara teratur adalah salah satu opsi terbaik dalam mengurangi jumlah plak untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat.

3. Penyakit gusi

Penyakit gusi atau periodontitis dapat dimulai dengan radang gusi dan dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. Hal ini terjadi ketika bakteri di lidah berpindah ke gusi, yang menyebabkan peradangan dan infeksi. 

Saat menyikat lidah, Anda mengurangi jumlah bakteri di mulut dan menurunkan risiko munculnya penyakit gusi.

4. Kerusakan gigi

Bakteri yang berkembang biak di lidah adalah bakteri yang sama dengan bakteri penyebab gigi berlubang. Kebiasaan menyikat lidah dapat mengurangi jumlah bakteri tersebut, dan mencegah terjadinya gigi berlubang. Rutinitas menyikat lidah sebaiknya diselingi saat Anda menggosok gigi.

5. Gangguan indra pengecap

Indra pengecap atau yang biasa dikenal sebagai indra perasa juga dapat terganggu ketika Anda tidak menjaga kebersihan lidah. Hal ini terjadi ketika lidah dilapisi dengan partikel makanan atau bakteri. Kebiasaan menyikat lidah dapat membantu membersihkan lapisan tersebut sekaligus menjaga indra perasa Anda berfungsi dengan maksimal.

6. Sariawan

Sariawan mulut adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur candida albicans. Kondisi ini akan memberikan rasa sakit sekaligus tidak nyaman pada bagian yang terinfeksi. Membersihkan lidah secara teratur akan membantu mencegah jamur tersebut dan mikroorganisme lainnya, yang dapat mengurangi risiko munculnya sariawan mulut.

7. Masalah menelan

Disfagia atau kesulitan menelan makanan atau minuman merupakan masalah yang umum terjadi. Lidah yang kotor adalah salah satu penyebabnya. Hal ini ketika bakteri yang menumpuk di lidah berpindah ke bagian tenggorokan dan menyebabkan seseorang mengalami disfagia. Menggosok gigi secara rutin dapat menjadi opsi terbaik untuk mencegahnya.

8. Terganggunya kebersihan mulut secara keseluruhan

Seluruh bagian pada mulut, termasuk lidah, penting untuk dibersihkan guna menjaga kesehatan mulut yang optimal. Hal ini karena seluruh aspek kebersihan mulut juga didapat melalui lidah yang bersih. Menyikat lidah adalah salah satu langkah paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kebersihan mulut secara keseluruhan. (Yoga Al Kemal)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro