Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Manfaat Tidur Nyenyak, Bisa Juga Turunkan Berat Badan

Rutinitas tidur yang teratur bisa membuat tubuh semakin sehat, imunitas meningkat dan menurunkan berat badan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Juli 2021  |  14:25 WIB
Tidur yang cukup bisa menjaga kesehatan tubuh - boldsky.com
Tidur yang cukup bisa menjaga kesehatan tubuh - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tahu bahwa tidur nyenyak menjadi penting dan bisa memberikan banyak manfaat. Bahkan ada penelitian menyebutkan bahwa tidur bisa bikin berat badan turun.

Saat tidur, tubuh bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri, meregenerasi sel-sel, serta mengembalikan fungsi sistem kekebalan dan menenangkan pikiran.

Tidur yang nyenyak adalah perjalanan penurunan berat badan yang baik dan pengamat berat badan menyarankan untuk memprioritaskan istirahat, pemulihan, dan tidur. Jadi, tidur malam yang baik dapat membantu penurunan berat badan, tetapi kurang tidur bisa menjadi kendala.

Kurang tidur, atau pola tidur yang buruk dan terganggu juga dapat menyebabkan perubahan metabolisme dan hormon, yang dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan mengidam serta penurunan sensitivitas insulin. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rutinitas tidur yang baik.

Mengutip dari Times of India, Selasa (6/7/2021), berikut manfaat tidur dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memperkuat metabolisme

Tidur malam yang cukup bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, kurang tidur dapat menyebabkan disregulasi metabolik, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

2. Mengurangi tingkat stres

Tidur yang cukup dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Ada hubungan antara stres dan obesitas. Stres kronis dapat memicu rasa lapas dan nafsu makan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3. Mengisi ulang tenaga tubuh 

Setelah bekerja sepanjang waktu, maka otak juga perlu istirahat. Tidur membuat pikiran tetap tenang dan memberikan waktu istirahat yang layak. Penting untuk tidur nyenyak, agar otak bisa membuat keputusan yang tepat.

manfaat tidur cukup nyenyak bisa turunkan berat badan

4. Meningkatkan tingkat energi

Istirahat yang cukup akan membuat tubuh lebih energik keesokan harinya. Tubuh menghemat energi yang dimiliki selama jam tidur dan bisa melaksanakan tugas-tugas penting pada hari-hari mendatang.

5. Meningkatkan imunitas

Anda lebih rentan terhadap virus dan infeksi jika Anda kurang tidur. Saat kita tidur. Tidur malam yang baik memungkinkan tubuh memiliki kekebalan seimbang yang dapat melawan berbagai infeksi. Tubuh menyembuhkan dirinya sendiri saat kita tidur.

6. Regenerasi sel

Saat tidur, tubuh bekerja untuk memperbaiki dirinya sendiri, meregenerasi sel-sel, mengembalikan fungsi sistem kekebalan kita dan menenangkan pikiran.

7. Menurunkan berat badan

Tidur yang cukup bisa membantu penurunan berat badan. Pengamat berat badan menyarankan untuk memprioritaskan istirahat, pemulihan, dan tidur. Namun, kurang tidur, atau pola tidur yang buruk, bisa menyebabkan perubahan metabolisme dan hormon dan peningkatan nafsu makan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rutinitas tidur yang baik dan ruang tidur yang bersih. 

Bagaimana membangun rutinitas tidur yang baik?

Penting bagi Anda untuk tidur 7-9 jam setiap hari untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Ada kebiasaan lain yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kualitas tidur Anda, yakni:

Kurangi konsumsi kafein

Batasi penggunaan layar dan gadget sebelum tidur

Konsumsi makanan tinggi serat

Hidrasi dirimu sendiri

cepat sembuh pada malam hari daripada di siang hari.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur stres berat badan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top