Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serba serbi Gaya Hidup Flexitarian, Si Diet Sehat yang Boleh Makan Daging

Melakukan diet flexitarian jangan terlalu tergesa-gesa. Meskipun Blatner merekomendasikan agar pemula memulai dengan dua hari tanpa daging per minggu, sebelum pindah ke tiga hingga empat, dan akhirnya menjadi lima hari tanpa daging setiap minggu.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  18:54 WIB
Ilustrasi diet - ukrevival.net
Ilustrasi diet - ukrevival.net

Bisnis.com, JAKARTA— Ingin mengubah kebiasaan baik agar lebih sehat namun belum siap menjadi vegetarian?

Berkomitmen menjadi vegetarian berarti harus berhenti untuk mengkonsumsi daging. Namun, ada cara lain yang membuat diet tetap bisa konsumsi daging. Yaitu dengan menjadi flexitarian.

Ini adalah gaya hidup vegetarian yang kadang-kadang boleh memasukkan daging ke dalam makanan.

Tidak ada aturan keras untuk diet flexitarian. Sebaliknya, diet ini bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari gent, Jumat (9/7/2021) seorang ahli gizi bernama Dawn Jackson Blatner yang pertama kali memperkenalkan konsep ini pada tahun 2008. Ia menerbitkan The Flexitarian Diet yang memicu minat pada cara hidup baru yang lebih seimbang untuk menikmati manfaat kesehatan

Berikut cara hidup ala diet flexitarian :

1. Pendidikan Diri Sendiri

Langkah pertama adalah mendapatkan informasi untuk memastikan Anda melakukan transisi dengan cara yang sehat. Secara teknis, pizza margherita, kentang goreng, dan soda semuanya vegetarian. Tetapi itu tidak berarti mereka memberi nutrisi makro dan mikro yang dibutuhkan tubuh.

Beralih ke pola makan nabati membutuhkan persiapan untuk memastikan mendapatkan nutrisi yang biasa di dapatkan dari daging.

2. Lakukan Perubahan Bertahap

Melakukan diet flexitarian jangan terlalu tergesa-gesa. Meskipun Blatner merekomendasikan agar pemula memulai dengan dua hari tanpa daging per minggu, sebelum pindah ke tiga hingga empat, dan akhirnya menjadi lima hari tanpa daging setiap minggu.

Kunci kesuksesan adalah melakukannya perlahan dan tidak langsung mengurangi.

Pertama, cobalah untuk mengubah salah satu makanan harian Anda menjadi nabati. Kemudian, setelah beberapa waktu, beralihlah ke pola makan vegetarian satu hari dalam seminggu.

3. Temukan Alternatif

Pertumbuhan popularitas pola makan nabati telah melihat pasar yang berkembang untuk alternatif daging. Ada banyak pilihan daging palsu dari nabati untuk memuaskan hasrat sesekali.
Tetapi ingat, bahwa meskipun alternatif ini umumnya lebih baik untuk kesehatan daripada daging asli, mereka belum tentu sehat.

Jika Anda punya waktu, cobalah membuat sendiri alternatif tanpa daging, seperti patty burger bit dan kacang atau tahu orak-arik.

4. Tetaplah Dalam Situasi Sosial

Salah satu bagian tersulit dalam membuat perubahan pola makan yang besar adalah berpegang teguh pada situasi sosial. Tidak semua tempat atau lingkungan memahami atau menyediakan makanan yang tepat bagi diet Anda.

5. Membangun Rutinitas

Menjadi fleksibel, vegetarian atau vegan mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan apa yang di makan untuk memastikan memiliki diet seimbang. Memiliki rutinitas dapat membuat semua perbedaan dalam mempertahankan gaya hidup baru itu. Cobalah untuk menyiapkan makanan Anda dua hingga tiga kali seminggu. Dengan begitu Anda selalu memiliki makanan cadangan di rumah untuk makan malam yang cepat dan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diet berat badan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top