Ilustrasi/Redbookmag
Relationship

Dapatkah Hubungan Kembali Normal Setelah Ada Perselingkuhan?

Sartika Nuralifah
Kamis, 15 Juli 2021 - 20:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perselingkuhan tidak selalu harus menandakan akhir dari suatu hubungan.

Terkadang mungkin untuk melewati pengkhianatan untuk menyelesaikan masalah. Namun, seperti yang kita ketahui jalan menuju pemulihan tidak akan mudah.

Membangun kembali hubungan setelah kepercayaan dilanggar adalah hal yang sulit. Tapi, itu bisa dilakukan jika Anda bertekad untuk tetap bersama.

Inilah cara agar hubungan Anda kembali semula setelah Anda atau pasangan Anda berselingkuh.

1. Mengakui Perasaan Anda

Jika Anda telah diselingkuhi, Anda tidak bisa hanya berpura-pura itu tidak terjadi dan melanjutkan hubungan. Perasaan negatif itu ajan selalu ada, kecuali Anda berusaha untuk mengatasinya. Anda memiliki hak untuk merasa marah, sedih, terluka, dan dikhianati. Duduklah dengan pasangan Anda, seberapapun menyakitkannya. Ekspresikan perasaan Anda kepada pasangan. Ini satu-satunya cara untuk benar-benar sembuh.

2. Akhiri Urusan Seputar Perselingkuhan

Sebelum Anda bahkan dapat memikirkan untuk menyelesaikannya, perselingkuhan harus benar-benar berhenti. Ini akan terasa seperti tamparan jika pasangan yang selingkuh terus melihat orang lain saat Anda berdua mencoba untuk memperbaiki hubungan. Akan sulit untuk membangun kembali kepercayaan kecuali jika langkah-langkah diambil untuk memutuskan kontak dengan pihak ketiga dan memastikan kesalahan tidak terjadi lagi. Tetapkan batasan yang jelas untuk membantu pasangan merasa aman.

3. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Sangat mudah untuk melihat perselingkuhan pasangan Anda sebagai komentar atas kegagalan Anda sebagai pasangan. Anda mungkin berpikir itu salah Anda dan jika Anda baru saja melakukan atau menghindari melakukan sesuatu, mereka tidak akan tersesat. Jangan biarkan pemikiran itu menghantui Anda. Satu-satunya orang yang bersalah di sini adalah orang yang selingkuh. Anda tidak bisa disalahkan atas tindakan mereka. Jangan biarkan kecemburuan menghantui Anda. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang yang mereka selingkuhi.

4. Diskusikan Faktor-Faktor yang Memotivasi Perselingkuhan

Mengapa Anda atau pasangan Anda selingkuh? Mengajukan pertanyaan ini sama sekali tidak membebaskan pihak yang bersalah dari tindakan mereka, tetapi jawabannya dapat membantu memberikan beberapa konteks dan membantu Anda berdua memahami bagaimana menjaga situasi agar tidak terulang kembali. Mungkin pasangan yang selingkuh merasa kebutuhannya tidak terpenuhi atau memiliki masalah keterikatan. Apa pun masalahnya, Anda dapat memperbaikinya dan membangun hubungan yang lebih baik dan lebih kuat.

5. Bersedia untuk Memaafkan dan Melepaskan

Agar hubungan Anda dapat kembali normal, Anda tidak dapat menahan perselingkuhan selamanya. Hubungan itu seharusnya tidak menjadi hal permanen yang dipaksa untuk dijalani oleh pasangan yang selingkuh setiap hari. Jika Anda adalah pasangan yang dikhianati dan Anda berkomitmen untuk menyelamatkan hubungan, berusahalah untuk memaafkan pasangan Anda. Tidak apa-apa jika butuh berbulan-bulan bagi Anda untuk memaafkan mereka. Tapi sementara itu, cobalah untuk tidak terlalu mengungkitnya.

6. Temukan Apa yang dapat Anda Lakukan Untuk Memperbaiki Hubungan

Jika Anda salah satu yang tersesat, Anda perlu mencari pemikiran pasangan Anda tentang bagaimana Anda dapat menebus kesalahan yang dilakukan. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka butuhkan untuk membuat mereka mempercayai Anda lagi dan lakukan apa yang Anda bisa untuk membantu mereka merasa nyaman saat Anda membangun kembali hubungan. Tuntutan mereka terkadang tampak tidak masuk akal, tetapi lakukan yang terbaik untuk memenuhinya tanpa marah atau merasa diserang. Pahami bahwa itu hanya cara mereka untuk menegaskan kendali atas situasi.

7. Jujur

Jika pasangan yang diselingkuhi ingin setiap detail tentang perselingkuhannya, jelaskan pada mereka. Jawab pertanyaan mereka dengan jujur meskipun itu membuat Anda merasa canggung dan malu. Jangan hanya memberi tahu mereka apa yang menurut Anda tidak akan menyakiti mereka, jadilah benar-benar transparan. Jika mereka perlu mengetahui setiap gerakan Anda untuk sementara waktu, tahan penghinaan itu. Yang penting adalah membuat pasangan Anda mempercayai Anda lagi dan itu akan melibatkan pengorbanan dan kejujuran.

8. Membangun Hubungan Lama Dari Awal

Pikirkan hubungan Anda setelah selingkuh sebagai awal yang baru. Anda sedang menyiapkan fondasi baru, melepaskan bagian-bagian dari hubungan Anda yang tidak berfungsi, dan membentuk struktur baru yang akan melayani Anda berdua dengan lebih baik. Anda perlu menemukan jalan kembali satu sama lain, ke masa ketika Anda benar-benar bahagia dan yakin akan cinta Anda satu sama lain. Habiskan waktu bersama, berbagi percakapan panjang, ciptakan kembali kenangan indah, lakukan hal-hal yang Anda dan/atau pasangan Anda sukai.

9. Minta Bantuan Konselor

Ketika salah satu pasangan berselingkuh, Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan atau bagaimana memulai pembicaraan tentang perselingkuhan dan penyembuhan. Ada baiknya jika konselor yang memenuhi syarat hadir untuk membantu Anda memperoleh pemahaman tentang apa yang terjadi dan bagaimana perasaan Anda tentang hal itu. Dengan wawasan ini, Anda dapat mengatasi situasi sulit inidan belajar untuk berbuat lebih baik satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro