Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Pilihan Camilan Sehat untuk Hidangan Penutup

Camilan sehat yang bagus dikonsumsi saat pandemi adalah buah-buahan. Cek camilan lain yang bisa dikonsumsi.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 19 Juli 2021  |  18:15 WIB
Oatmeal - boldsky.com
Oatmeal - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Selama pandemi virus corona, setiap orang biasanya mencari camilan sehat untuk menjaga kebutuhan nutrisi tubuh.

Biasanya, hidangan penutup menjadi pilihan tepat saat setelah memakan makanan berat. Umumnya camilan dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue atau pun es krim.

Untuk mencegah infeksi Covid-19 di masa pandemi, maka camilan sehat idealnya mengandung beragam nutrisi, seperti serat dan vitamin. Melansir dari Times of India pada Senin (19/7/2021), berikut ini 10 pilihan camilan sehat yang cocok untuk menjadi hidangan penutup:

  1. Buah segar

Buah-buahan banyak mengandung mineral dan vitamin yang membantu fungsi tubuh. Pilih buah apa pun yang sedang musim, seperti pir, semangka, atau jambu biji. Buah musiman terasa lebih enak karena belum diproses atau diawetkan. Jika Anda tidak dapat menemukan buah segar, Anda juga dapat memilih buah beku.

  1. Cokelat hitam (dark chocolate)

Tahukah Anda bahwa 15 gram dari 86 persen cokelat hitam hanya mengandung 2 gram gula? Namun, 15 gram cokelat hitam memiliki rasa yang cukup manis dan sarat dengan flavonoid yang dapat membantu melindungi jantung Anda.

  1. Keripik apel

Senyawa alami dalam apel dapat membantu melindungi seseorang dari penyakit jantung, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker. Untuk mencoba sesuatu yang berbeda, Anda bisa membuat keripik apel renyah sendiri.

Caranya mudah, ambil apel yang diiris tipis dan sebarkan di atas loyang yang diolesi sedikit mentega. Taburkan beberapa bumbu pai apel dan panggang selama 1 jam pada suhu 225 derajat. Balik dan panggang selama satu jam lagi.

  1. Sereal

Camilan berikutnya adalah sereal. Camilan ini dapat dibuat kapan saja di sepanjang hari. Anda dapat mengolahnya menjadi minuman dengan susu rendah lemak atau susu nabati tanpa pemanis. Pastikan untuk memilih sereal yang 100 persen gandum utuh, dengan tidak lebih dari 6 gram gula per porsi.

  1. Yogurt Yunani

Alih-alih memilih yogurt rasa, pilih yogurt Yunani rendah lemak. Anda bisa menambahkan beberapa kayu manis dan aduk. Ini akan memberi Anda kalsium dan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Kurma

Kurma memiliki banyak gula alami, itulah sebabnya kurma sering digunakan sebagai pemanis dalam resep makanan. Tidak hanya itu, kurma juga kaya akan serat, vitamin B6, kalium, dan magnesium.

  1. Oatmeal

Oatmeal pra-rasa bisa mengandung tinggi gula, sehingga yang terbaik adalah membuatnya sendiri. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan sirup maple, kayu manis, dan bumbu pai labu.

  1. Anggur beku

Anggur beku bisa menjadi makanan penutup terbaik, karena menjadi lebih manis setelah didinginkan di dalam freezer. Caranya mudah, cuci dan keringkan seikat anggur, lalu taruh di atas loyang. Masukkan ke dalam freezer sampai anggur memiliki es yang renyah.

  1. Ubi

Ubi mengandung kaya akan vitamin A, B6, dan C yang dapat membantu melindungi kesehatan Anda. Anda bisa memanggang atau microwave ubi jalar, lalu beri yogurt vanila dan sirup maple di atasnya.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa membuat keripik ubi jalar dengan mengirisnya tipis-tipis dan memanggangnya selama 15 menit pada suhu 350 derajat hingga garing. Anda bisa menaburkannya dengan kayu manis, pala, dan jahe sebagai opsional.

  1. Apel dan selai kacang

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah apel dan selai kacang. Caranya, iris satu buah apel dan oleskan satu sendok makan selai kacang di atasnya. Kemudian, Anda bisa menaburinya dengan kayu manis. Kayu manis akan menambah antioksidan dan rasa manis ekstra pada apel tanpa menambahkan gula.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gizi tips sehat Buah Apel Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top