Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September. /Bloombergrn
Health

3 Dosis Vaksin Sinovac Hasilkan Antibodi Lebih Tinggi daripada Mencampur dengan Pfizer

Ni Luh Anggela
Jumat, 13 Agustus 2021 - 09:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian di Turki menunjukkan bahwa orang yang disuntik 3 kali dosis vaksin inactivated seperti Sinovac memiliki tingkat antibodi lebih tinggi dibandingkan mereka yang menerima dua dosis vaksin inactivated dan satu suntikan vaksin mRNA.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 30 juta warga yang divaksinasi di Turki.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Republik Turki, Dr Fahrettin Koca pada hari Rabu (11/8).
 
Meski tidak menyebutkan nama merek, Koca merujuk pada vaksin yang saat ini tersedia di Turki: vaksin inactivated China CoronaVac yang dikembangkan Sinovac Biotech dan vaksin mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer/BioNTech, melansir Nikkei Asia, Jumat (13/8/2021).
 
Sementara banyak orang Turki lebih percaya suntikan booster Pfizer lebih efektif daripada vaksin China, penelitian menunjukkan bahwa menggunakan jenis vaksin yang sama bekerja lebih baik.

Otoritas kesehatan di Turki dan negara-negara lain telah merekomendasikan agar orang yang diinokulasi dengan dua dosis vaksin inactivated menerima suntikan mRNA sebagai dosis ketiga untuk meningkatkan perlindungan.
 
Koca menyebutkan, dari hasil penelitian itu, artinya disuntik 3 kali dosis vaksin yang sama lebih baik daripada  dengan jenis yang beda.

“Orang-orang di seluruh dunia akan mempelajari data ini untuk pertama kalinya, dan kebijakan vaksinasi negara mungkin akan berubah." kata Koca.
 
Dia menambahkan bahwa para peneliti yang melakukan penelitian pada hari Rabu akan mengajukan permohonan ke jurnal ilmiah untuk mempublikasikan hasil lengkapnya.
 
Negara ini gencar melakukan kampanye vaksinasi intensif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 untuk penduduk yang berusia 18 tahun ke atas, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.
 
Turki telah memperoleh puluhan juta dosis Sinovac sejak awal tahun dan telah memberikannya secara luas, dimulai dengan orang dewasa yang lebih tua. Tembakan Pfizer mulai tiba pada bulan Maret, dengan negara tersebut mempercepat pengadaannya pada Juni. Banyak orang di Turki mencari dosis Pfizer sebagai suntikan booster.
 
Turki juga telah menerima vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro