Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting Tahu! Di Usia Ini Kecepatan Metabolisme Anda Mulai Turun

Para peneliti mengantisipasi usia empat puluhan akan melihat perlambatan dalam penggunaan energi (terutama untuk wanita, bertepatan dengan awal menopause), penulis utama Herman Pontzer, PhD, seorang antropolog evolusioner, mengatakan mereka tidak melihat hal tersebut.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 16 Agustus 2021  |  10:04 WIB
Angka pada timbangan mengindikasikan gemuk atau tidak - Istimewa
Angka pada timbangan mengindikasikan gemuk atau tidak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Anda mungkin mulai menyadari bahwa berat badan kini tidak bisa turun secepat ketika Anda masih muda.

Jika Anda pernah berkecil hati tunggu dulu!, karena ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut.
 
Sebuah studi baru yang diterbitkan pada Kamis (12/8) di Science melansir Eat This, Senin (16/8/2021) mengungkapkan bahwa usia ketika metabolisme kita mulai melambat sebenarnya jauh lebih lambat daripada yang diperkirakan sebagian besar dari kita (dan banyak peneliti) sebelumnya.
 
Lebih dari 80 peneliti dari 63 institusi pendidikan yang terletak di seluruh Amerika Utara, Eropa, Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Karibia mengirimkan data untuk dikumpulkan dan dianalisis untuk penelitian ini.
 
Data telah diambil selama 40 tahun dari 6.500 orang berusia antara delapan hari dan 95 tahun.
 
Studi ini menemukan bahwa kecepatan metabolisme kita dipengaruhi oleh apa yang penulis sebut sebagai "empat tahap kehidupan yang berbeda." Inilah mereka:
 
Pertama, ketika bayi hingga satu tahun memiliki metabolisme tercepat (sekitar 50 persen lebih cepat daripada orang dewasa).

Kedua, setelah berusia satu tahun, metabolisme "menurun perlahan ke tingkat dewasa" pada usia sekitar 20 tahun.

Ketiga, metabolisme "tetap stabil di masa dewasa” (20 hingga 60 tahun), bahkan selama kehamilan.

Kemudian, terakhir, para peneliti melaporkan, pengeluaran energi kita "menurun pada orang dewasa yang lebih tua" sekitar 20 persen, hingga usia 95 tahun.

Ini "mungkin berarti bahwa organ-organ penting berfungsi kurang baik seiring bertambahnya usia," karena jantung, hati, otak, dan ginjal menyumbang 65 persen dari tingkat metabolisme istirahat kita, New York Times melaporkan.
 
Umumnya, aplikasi diet, mesin kebugaran, timbangan berat badan elektronik, dan lainnya sering meminta Anda untuk memilih jenis kelamin Anda. Ini karena pemahaman konvensional adalah bahwa pria membakar lebih banyak kalori daripada wanita, tapi penelitian ini tidak menemukan perbedaan dalam pengeluaran energi antara kedua jenis kelamin ketika para peneliti mengontrol faktor-faktor lain.
 
Para peneliti mengantisipasi usia empat puluhan akan melihat perlambatan dalam penggunaan energi (terutama untuk wanita, bertepatan dengan awal menopause), penulis utama Herman Pontzer, PhD, seorang antropolog evolusioner, mengatakan mereka tidak melihat hal tersebut.

Studi ini mungkin menginspirasi Anda untuk merenungkan saat-saat ketika Anda berpikir bahwa metabolisme Anda turun secara signifikan. Sangat mungkin itu juga disebabkan karena Anda kebanyakan duduk sepanjang hari Anda di kantor, atau ketika keluarga, rumah, atau tanggung jawab lain membuat Anda sulit untuk berolahraga.
 
Menemukan cara untuk makan sehat dan tetap aktif adalah pendekatan yang pasti untuk menjaga kebugaran dan fisiologi Anda dalam kondisi prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan berat badan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top