Plasma darah dipegang oleh petugas medis
Health

Studi : Plasma Konvalesen Kurang Efektif untuk Pengobatan Pasien Covid-19

Ni Luh Anggela
Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil akhir uji klinis plasma konvalesen Covid-19 pada pasien rawat jalan (C3PO) menunjukkan bahwa plasma konvalesen Covid-19 tidak mencegah perkembangan penyakit pada kelompok pasien rawat jalan Covid-19 yang berisiko tinggi, bila diberikan dalam minggu pertama gejala mereka.
 
Pada Februari 2021, uji coba dihentikan karena kurangnya  kemanjuran berdasarkan analisis sementara yang direncanakan. Kesimpulan formal dari percobaan muncul dalam edisi online terbaru The New England Journal of Medicine.
 
Melansir laman resmi National Institutes of Health, Kamis (19/8/2021), Clifton Callaway, MD, Ph.D. , peneliti utama untuk percobaan C3PO dan profesor kedokteran darurat di University of Pittsburgh berharap penggunaan plasma konvalesen Covid-19 akan mencapai setidaknya 10 persen pengurangan perkembangan penyakit pada kelompok ini, tetapi pengurangan yang mereka amati justru kurang dari 2 persen.
 
“Itu mengejutkan kami. Sebagai dokter, kami ingin ini membuat perbedaan besar dalam mengurangi penyakit parah dan ternyata tidak.” kata Callaway.
 
Plasma penyembuhan Covid-19, juga dikenal sebagai “plasma korban,” adalah plasma darah yang berasal dari pasien yang telah pulih dari Covid-19.
 
Tahun lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS mengeluarkan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) untuk mengizinkan penggunaan plasma konvalesen pada pasien rawat inap dengan Covid-19. Para peneliti ingin mengetahui apakah pemberian plasma konvalesen Covid-19 mungkin juga bermanfaat pada orang yang baru saja terinfeksi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit, tetapi yang tidak sakit parah dan dapat dirawat sebagai pasien rawat jalan. Tujuannya adalah untuk mencegah perkembangan penyakit Covid-19 yang parah.
 
Uji coba C3PO diluncurkan pada Agustus 2020, yang dirancang untuk menjawab pertanyaan itu. Uji klinis acak terkontrol melibatkan pasien rawat jalan dewasa yang datang ke unit gawat darurat dengan gejala Covid-19 ringan selama minggu pertama pasca infeksi. Uji coba dilakukan oleh jaringan uji klinis SIREN, dan mendaftarkan lebih dari 500 peserta dari 48 unit gawat darurat di seluruh Amerika Serikat. Para peserta beragam ras dan etnis dengan usia rata-rata 54 tahun, dan sedikit lebih dari setengahnya adalah perempuan.
 
Peserta juga memiliki setidaknya satu faktor risiko untuk berkembang menjadi Covid-19 yang parah, seperti obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru kronis. Para peneliti secara acak menugaskan para peserta untuk menerima pengobatan dengan plasma konvalesen Covid-19 titer tinggi (mengandung antibodi anti-Covid-19) atau plasebo (larutan garam yang diresapi dengan multivitamin dan kekurangan antibodi).
 
Para peneliti membandingkan hasil pada kedua kelompok dalam waktu 15 hari pengobatan, melihat secara khusus apakah pasien perlu mencari perawatan darurat atau perawatan lebih lanjut, dirawat di rumah sakit, atau meninggal. Para peneliti tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam perkembangan penyakit antara kedua kelompok. Dari 511 peserta, perkembangan penyakit terjadi pada 77 (30 persen) pada kelompok plasma Covid-19 dibandingkan dengan 81 pasien (31,9 persen) pada kelompok plasebo. Intervensi plasma tidak menyebabkan kerusakan, para peneliti menemukan.
 
“Hasilnya menunjukkan bahwa plasma konvalesen tampaknya tidak bermanfaat bagi kelompok tertentu ini,” kata Nahed El Kassar, MD, Ph.D., salah satu rekan penulis studi dan petugas medis di cabang Epidemiologi Darah dan Terapi Klinis dari NHLBI Divisi Penyakit Darah dan Sumber Daya. “Tetapi temuan ini menjawab pertanyaan klinis yang penting dan dapat membantu membawa para peneliti selangkah lebih dekat untuk menemukan perawatan yang lebih efektif melawan penyakit yang menghancurkan ini.”
 
Alasan intervensi tidak menghasilkan hasil yang diharapkan tidak jelas, kata Callaway. Para peneliti terus mencari penjelasan yang mungkin, termasuk dosis plasma yang tidak mencukupi, waktu pemberian plasma, faktor terkait inang, atau aspek lain dari respons jaringan inang terhadap infeksi, tambahnya.
 
Studi tambahan tentang plasma konvalesen Covid-19 sedang berlangsung atau direncanakan pada populasi yang berbeda. Ini termasuk uji coba Pass It On, uji klinis acak yang didanai NIH secara nasional menggunakan plasma konvalesen untuk merawat pasien dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi Covid-19 untuk melihat apakah pengobatan tersebut dapat membantu mereka pulih lebih cepat.

Uji coba lain termasuk satu pada pasien rawat jalan yang pulih di rumah dan satu pada individu dengan risiko tinggi terpapar Covid-19 untuk melihat apakah plasma konvalesen Covid-19 dapat mencegah infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro