Vaksin Moderna kini sudah tersedia bagi masyarakat umum/Kemenkes RI
Health

Gratis, Ada Vaksin Covid-19 Moderna Bagi Masyarakat Umum. Ini Syaratnya

Ithamar Yaomi DC
Senin, 23 Agustus 2021 - 09:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat umum sudah bisa mendapatkan vaksin Covid-19 Moderna. Program vaksinasi ini bertujuan untuk memutus pandemi.

World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa vaksin Moderna efektif melawan varian baru Covid-19. Varian baru ini termasuk yang pertama kali diidentifikasi di UK dan Afrika Selatan. 

Kini Mayapada Hospital bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta membantu mempercepat program vaksinasi Covid-19 Moderna untuk masyarakat umum DKI Jakarta yang belum bisa melakukan vaksinasi dengan vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Program vaksinasi Covid-19 ini diselenggarakan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan (Lebak Bulus). Simak syarat dan ketentuan untuk menerima vaksin Moderna:

1. Belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2;

2. Diberikan kepada masyarakat yang tidak dapat menggunakan vaksin Sinovac dan AstraZeneca dengan membawa surat keterangan dokter;

3. Memiliki KTP DKI atau surat keterangan domisili DKI Jakarta (minimal ketua RT);

4. Berumur 18 tahun ke atas;

5. Pendaftaran dapat diakses melalui bsl.mayapadahospital.com/vaccine 

Mengutip dari bisnis.com, Indonesia menjadi negara tertinggi ke-5 dengan vaksinasi harian sebanyak 1,24 juta. Dengan kontribusi populasi sebesar 3,5 persen di dunia, Indonesia baru memberikan vaksin dua dosis kepada 11 persen populasinya. Sementara 20,7 persen orang di Indonesia telah menerima dosis pertama.

Sebagai informasi, vaksin Moderna atau juga biasa dikenal dengan vaksin mRNA-1273. Vaksin Moderna berasal dari perusahaan farmasi dan bioteknologi asal AS dengan nama yang sama. Perusahaan Moderna ini bekerja meneliti dan mengembangkan obat-obat dan vaksin.

Vaksin m-RNA merupakan tipe baru dari vaksin yang memiliki perbedaan dari vaksin lainnya dalam bekerja. Vaksin ini mengantarkan kode genetik ke dalam sel untuk membentuk protein, agar memicu respon imun tubuh. 

Sebagian masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin Sinovac dan AstraZeneca. Adapun vaksin Moderna sudah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM RI pada 2 Juli 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro