Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Hewan yang Bisa Jadi Peliharaan di Rumah, Selain Kucing dan Anjing

Mamalia berduri ini mungkin tidak menjadi hewan peliharaan yang suka diemong, tetapi mereka lucu, ramah, dan relatif berumur panjang, yakni sekitar lima hingga tujuh tahun.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Agustus 2021  |  02:33 WIB
Kelinci -
Kelinci -

Bisnis.com, JAKARTA – Ingin memelihara hewan namun tempat Anda terbatas? Jangan khawatir. Masih ada banyak pilihan hewan yang ramah seukuran telapak tangan yang akan disukai anak Anda.
 
Saat Anda ingin menambahkan hewan peliharaan ke keluarga Anda, ada banyak pilihan selain kucing dan anjing. Banyak hewan peliharaan yang suka diemong, lebih mudah dirawat, terjangkau, dan tidak membutuhkan banyak perhatian.

Untuk anak-anak di atas 5 tahun, hewan peliharaan berukuran kecil adalah pilihan yang bagus, karena merawat hewan peliharaan akan mengajarkan tanggung jawab kepada anak Anda, kata Jennifer Graham, DVM, DABVP, asisten profesor di Cummings School of Veterinary Medicine Tufts University.
 
Untuk memutuskan hewan kecil mana yang cocok untuk keluarga Anda, Anda harus melakukan penelitian sebanyak yang Anda lakukan saat memilih hewan yang lebih besar. Itu karena beberapa hewan peliharaan kecil yang paling populer, seperti hamster dan babi guinea, mungkin terlihat serupa, tetapi mereka berbeda dalam hal kebutuhan dan cara mereka berinteraksi dengan manusia.
 
Berikut adalah hewan peliharaan berukuran kecil, yang bisa Anda jadikan pertimbangan, melansir Parents, Kamis (26/8/2021).

1. Hamster

Hewan kecil satu ini sangat mudah dirawat dan bahkan bisa dilatih di litter box. Konon, hamster bisa agak lincah dan bisa sangat agresif, kata Katherine Quesenberry, DVM, MPH, DABVP, ahli hewan peliharaan eksotis di Pusat Medis Hewan Kota New York. Hal ini membuat beberapa hamster sulit untuk ditangani. Dr Quesenberry merekomendasikan untuk mendapatkan jenis yang lebih besar seperti hamster Syria, yang lebih mungkin beradaptasi dengan perawatan di rumah.
 
Hamster harus disimpan di kandang yang lapang, dengan terowongan dan area bersarang untuk tidur—tetapi pastikan Anda dapat membersihkan kandang dengan mudah. Hamster juga biasanya akan hidup selama sekitar tiga tahun, jadi pertimbangkan seberapa besar keinginan anak Anda untuk berinteraksi dengannya.
 
2. Guinea Pig

Meskipun  guinea pig  berada dalam keluarga hewan pengerat yang sama dengan hamster, perilaku mereka sangat berbeda. Hewan pengerat ini lembut dan memiliki watak manis, yang membuat mereka cenderung tidak menggigit.Ditambah lagi, mereka bisa bersosialisasi, yang berarti mereka tidak keberatan ditangani (asalkan dipegang dengan benar) dan mereka tidak keberatan jika anak kecil ingin berinteraksi dengan mereka.
 
Guinea pig  memiliki rentang hidup yang lebih lama —sekitar lima sampai tujuh tahun— daripada hamster, dan mereka membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha karena nafsu makan mereka yang lebih besar untuk banyak jerami dan sayuran. Nafsu makan ini dapat membuat guinea pig  lebih berantakan daripada mamalia kecil lainnya, jadi Anda mungkin juga harus membersihkan kandangnya lebih sering.
 
3. Gerbil

Tidak seperti hamster dan guinea pig, gerbil memiliki umur yang relatif pendek, sekitar dua tahun. Sangat mudah untuk memberi makan gerbil karena mereka memiliki diet standar yang mirip dengan tikus dan hamster: pelet hewan pengerat dan blok makanan, bersama dengan beberapa campuran benih tambahan.
 
Gerbil biasanya tidak agresif, jadi mereka juga bisa dipegang, tetapi mereka sangat cepat, jadi tidak mudah untuk menahannya lama. Kecepatan ini berarti banyak aktivitas di dalam kandang, yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak Anda. Gerbil lebih sensitif terhadap lingkungan mereka daripada hewan kecil lainnya, dan kelembaban dapat memberi mereka masalah pada pernapasan dan bulu mereka. Jika Anda khawatir lingkungan Anda mungkin terlalu lembab untuk gerbil, konsultasikan dengan dokter hewan.
 
4. Kelinci

Anda dapat mempertimbangkan hewan peliharaan kecil populer ini untuk anak-anak selama ada pengawasan orang dewasa. Seperti guinea pig , kelinci baik untuk anak-anak karena mereka biasanya memiliki sifat yang lembut dan mudah bergaul. Sementara breed yang lebih besar bisa sangat lembut, Dr. Quesenberry menyarankan bahwa semua kelinci harus dimandulkan atau dikebiri untuk mencegah agresi apapun (dan untuk mencegah kanker rahim pada betina). Ini sangat penting jika Anda ingin memelihara lebih dari satu kelinci di tempat yang sama.
 
Seekor kelinci dapat hidup dari 8 hingga 12 tahun. Mereka juga dapat dilatih untuk membuang kotoran, dan mudah dirawat. Dr Quesenberry mencatat bahwa diet yang tepat penting untuk memastikan kesehatan dan kebahagiaan hewan: jerami rumput, pelet kelinci, dan sayuran.
 
5. Chinchilla

Chinchilla adalah pilihan yang lebih eksotis untuk anak-anak yang ingin melihat hewan peliharaan mereka daripada berinteraksi langsung dengannya. Meskipun lembut, chinchilla bisa sangat lincah dan cepat, dan mereka mungkin tidak cocok untuk anak kecil yang tidak mampu menanganinya, kata Dr. Quesenberry. Mereka membutuhkan diet pelet chinchilla dan jerami, dengan sayuran sebagai makanan.
 
Tidak seperti rekan-rekan kecil hewan peliharaan mereka, chinchilla harus dilengkapi dengan mandi debu bukan mandi air. Beli debu chinchilla (diformulasi khusus untuk meniru debu di habitat aslinya) dan letakkan di mangkuk yang kokoh atau piring yang dalam, atau beli rumah debu. Seekor chinchilla membutuhkan mandi debu dua sampai tiga kali seminggu, diberikan di luar kandangnya; kandang harus bertingkat sehingga bisa naik turun. Mereka cenderung hidup lebih lama, yaitu sekitar 12 hingga 15 tahun.
 
6. Landak

Mamalia berduri ini mungkin tidak menjadi hewan peliharaan yang suka diemong, tetapi mereka lucu, ramah, dan relatif berumur panjang, yakni sekitar lima hingga tujuh tahun. Dan jika landak ditangani saat masih muda, mereka akan lebih mudah bersosialisasi dengan anak Anda. Kelemahannya adalah Anda mungkin mendapati diri Anda menghabiskan lebih banyak uang untuk merawat mereka. Ini karena landak membutuhkan lebih banyak perawatan dan rentan terhadap lebih banyak masalah kesehatan daripada hewan peliharaan kecil lainnya.
 
Landak juga membutuhkan pola makan yang berbeda yang mengandung sayuran dan makanan khusus dengan protein karena mereka adalah omnivora. Terkadang makanan kucing dapat memenuhi persyaratan, tetapi Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan hewan peliharaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top