Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidur dengan Hewan Peliharaan Aman atau Berbahaya? Simak Penjelasannya!

Terlepas dari manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan fisik dan mental pemiliknya, yang menjadi pertanyaan adalah apakah aman untuk tidur di kasur yang sama dengan hewan peliharaan?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Agustus 2021  |  00:40 WIB
Ilustrasi - bbc.com/getty image
Ilustrasi - bbc.com/getty image

Bisnis.com, JAKARTA - Memelihara hewan menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memiliki beberapa manfaat, seperti meningkatkan kebugaran tubuh, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Hewan pelihaan yang lazim ditemui di antaranya kucing, anjing, marmut, ikan, dan lainnya. Terlepas dari manfaat hewan peliharaan bagi kesehatan fisik dan mental pemiliknya, yang menjadi pertanyaan adalah apakah aman untuk tidur di kasur yang sama dengan hewan peliharaan?

Dilansir Tempo.co pada Rabu (18/8/2021), pakar hewan peliharaan telah lama menyarankan pemilik untuk tidak membiarkan peliharaannya tidur dengan mereka, terutama kucing dan anjing, untuk dua alasan.

Pertama, hal tersebut dapat menumbuhkan sikap yang tidak baik bagi hewan. Kedua, pemilik dapat tertular penyakit serius dari peliharaannya.

Namun, banyak dokter hewan yang sekarang menganggap pernyataan tersebut terlalu berlebihan atau sama sekali tidak benar. Penelitian dari Mayo Clinic Proceedings menunjukkan tidur dengan hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

"Hal ini aman untuk dilakukan selama pemilik dan peliharaannya sama-sama sehat," ucap staf dokter dari Animal Medical Center di New York Ann Hohenhaus.

Menurut konsultan bersertifikasi dan pelatih profesional anjing, Russell Hartstein, mengizinkan hewan peliharaan untuk tidur di kasur yang sama dengan pemilik tidak menimbulkan masalah perilaku pada mereka. Meskipun ada hewan yang agresif, perilaku tersebut berdasar pada rasa takut dan bukan karena mengizinkan mereka tidur di kasur atau mengakses perabotan.

Pada umumnya, hewan peliharaan menyayangi pemiliknya dan tertarik akan aroma tubuhnya. Mereka juga lebih memilih untuk beristirahat di tempat yang tinggi. Jika membiarkan mereka untuk tidur di kasur membuat tidak nyaman, Hartstein menyarankan agar pemilik memasang tempat tidur khusus hewan di kamar dan menaruh sepotong pakaian pemilik di atasnya.

Hewan dapat mencium aroma pemilik selagi beristirahat dengan nyaman. Meskipun tidur dengan hewan peliharaan dinyatakan aman, pemilik hewan harus berhati-hati.

Pasien kanker, penerima transplantasi, dan pengidap HIV adalah beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk tidur dengan hewan peliharaan.

Memastikan hewan ada dalam kondisi sehat dengan rajin memeriksakan hewan ke dokter hewan sangat penting dilakukan untuk mencegah penyakit atau wabah yang dapat menular.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tidur tips sehat hewan peliharaan

Sumber : tempo.co

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top