Ilustrasi kolesterol/istimewa
Health

Simak, 4 Tips Mencegah dan Mengobati Kolesterol Tinggi

Rika Anggraeni
Kamis, 2 September 2021 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel. Tetapi jika terlalu banyak kolesterol dapat menimbulkan permasalahan di dalam tubuh. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana tips mencegah dan mengobati kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi atau hiperlipidemia menandakan darah dalam tubuh Anda memiliki terlalu banyak lipid atau lemak, seperti kolesterol dan trigliserida.

Salah satu jenis hiperlipidemia yakni terlalu banyak kolesterol non-HDL dan kolesterol LDL (jahat) dalam darah. Kondisi ini meningkatkan timbunan lemak di arteri dan risiko penyumbatan dalam tubuh Anda.

Kabar baiknya, kolesterol tinggi bisa diturunkan, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, lakukan tes kolesterol dan konsultasikan dengan dokter untuk menyesuaikan kadar kolesterol sesuai kebutuhan.

Berikut adalah 4 tips mencegah dan mengobati kolesterol tinggi, dilansir dari American Heart Association:

1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans. Anda harus membatasi produk susu yang dibuat dengan susu murni. Pilihlah susu skim, produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Selain itu, Anda juga harus membatasi makanan yang digoreng dan memasak dengan minyak sehat, seperti minyak sayur.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan, kacang-kacangan dan minyak nabati nontropis. Ingat, Anda harus membatasi daging merah dan olahan, natrium serta makanan dan minuman manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro