Delta Plus virus corona
Health

Bermunculan Varian Baru Virus Corona Selain Delta, Vaksin Generasi Baru Dibutuhkan?

Ayyubi Kholid Saifullah
Kamis, 9 September 2021 - 13:07
Bagikan

Bisni.com, JAKARTA - Telah lahir varian baru COVID-19 dengan menggunakan sistem penamaan alfabet Yunani. Sistem ini digunakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melacak mutasi baru virus penyebab COVID-19.

Namun, para ilmuwan tetap masih fokus kepada varian Delta yang masih mendominasi di seluruh dunia, sambil melacak varian lain sebagai bentuk kewaspadaan.

Delta yang lahir di India menyebabkan kekhawatiran lanjutan. Dibanyak negara, Delta berhasil meningkatkan penularan, menyebabkan penyakit yang lebih parah dan mengurangi manfaat vaksin.

Menurut Shane Crotty, seorang ahli virologi di La Jolla Institute for Immunology di San Diego, "kekuatan super" Delta adalah kemampuan menularnya.

Peneliti China menemukan bahwa orang yang terinfeksi Delta membawa virus 1.260 kali lebih banyak di hidung mereka dibandingkan dengan versi asli virus corona.

Beberapa penelitian AS menunjukkan bahwa viral load pada individu yang divaksinasi lalu terinfeksi Delta setara dengan mereka yang tidak divaksinasi, tetapi masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sementara virus corona asli membutuhkan waktu hingga tujuh hari untuk menimbulkan gejala, Delta dapat menyebabkan gejala dua hingga tiga hari lebih cepat.

Virus lain adalah Lambda yang diidentifikasi di Peru pada bulan Desember. Namun, varian lambda sudah mulai surut secara global, selama empat minggu terakhir dibulan Juni menurut data oleh GISAID, database yang melacak varian SARS-CoV-2.

Varian paling baru adalah MU varian yang sebelumnya dikenal sebagai B1621, pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari.

Pada 30 Agustus, WHO menetapkannya sebagai varian bunga karena beberapa mutasi nya, dan memberikannya nama dengan huruf Yunani.

Mu membawa mutasi kunci, termasuk E484K, N501Y dan D614G, yang telah menyebabkan peningkatan penularan dan penurunan perlindungan kekebalan.

Menurut Buletin WHO yang diterbitkan minggu lalu, Mu telah menyebabkan beberapa wabah yang lebih besar di Amerika Selatan dan Eropa.

Badan kesehatan global mengatakan terus memantau Mu untuk perubahan di Amerika Selatan, terutama di daerah di mana ia bersirkulasi bersama dengan varian Delta.

Dalam jumpa pers pekan lalu, kepala penasihat medis Gedung Putih Dr Anthony Fauci mengatakan para pejabat AS mengawasinya, tetapi sejauh ini Mu tidak dianggap sebagai ancaman langsung.

Dengan ditemukannya beragam varian, sangat penting untuk lebih banyak orang yang divaksinasi. Karena kelompok besar orang yang tidak divaksinasi memberi virus lebih banyak kesempatan untuk menyebar dan bermutasi menjadi varian baru.

Namun, saat ini vaksin hanya untuk mencegah penyakit dan kematian bukan untuk menghindari dari infeksi.

Untuk mengalahkan SARS-CoV-2 kemungkinan akan membutuhkan vaksin generasi baru yang juga memblokir penularan, menurut Dr Gregory Poland, pengembang vaksin di Mayo Clinic. Sampai saat itu, Dr Gregory Poland dan para ahli lainnya mengatakan, dunia tetap rentan terhadap munculnya varian virus corona baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro