/Ilustrasi
Health

Bisakah Stroke Sembuh dengan Tusuk Jarum dan Pijat?

Nancy Junita
Jumat, 10 September 2021 - 14:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagian masyarakat memahami stroke dapat disembuhkan dengan dipijat, mengeluarkan darah dari telinganya, dan menusukkan jarum ke bagian tubuh yang mengalami stroke.

Benarkah demikian?

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON) dr. Mursyid Bustami, Sp. S(K) menegaskan, bahwa pemahaman tersebut keliru. Penanganan yang paling tepat adalah dengan membawa penderita ke rumah sakit.

“Itu adalah satu anggapan yang tidak tepat, yang salah ya, tidak ada manfaatnya sama sekali terhadap stroke. Jadi kalau terjadi stroke segeralah pergi ke rumah sakit kapan pun, jadi jangan tunggu besok, jangan tunggu siapapun,” ucap Mursyid, Kamis (9/9/2021).

Dikatakan, stroke terjadi secara mendadak. Tidak ada stroke yang terjadi pelan-pelan.

“Jadi orang lagi beraktifitas juga tiba-tiba tangannya lemah sebelah, tiba-tiba ngomongnya tidak benar, wajahnya kok turun sebelah gitu,” katanya dalam konferensi pers Gedbyar Edukasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional secara virtual di Jakarta.

Oleh karena itu, tindakan cepat harus segara dilakukan dengan membawa penderita ke rumah sakit. Untuk mengenali gejala awal masyarakat dapat menggunakan metode FAST (Face, Arm, Speech, Time).

Face merupakan gejala yang dilihat dari wajah seseorang yang tidak normal seperti turun sebelah dan tidak simetris.

Arm merupakan gejala stroke yang dilihat dari lengan penderita menjadi lemah. Jika lengan diangkat, maka tingginya tidak sama dengan lengan satunya.

Speech, gejala stroke dilihat dari cara bicara penderita yang menjadi sulit, tidak jelas, atau bahkan tidak bisa bicara.

Time, metode terakhir setelah tiga metode sebelumnya terindikasi pada penderita, sudah waktunya membawa penderita ke rumah sakit.

Dikatakan, stroke dapat menyebabkan seseorang mengalami kecacatan sebagian bahkan seluruh tubuh. Oleh karena itu, tindakan cepat dan sedini mungkin harus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro