ilustrasi parenting/bisnis.com
Health

8 Kiat Menanamkan Kepercayaan Diri dan Harga Diri pada Anak Perempuan

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 September 2021 - 16:09
Bagikan

Dari Beri Pujian hingga Latih Ketegasan

5. Jadilah teladan yang baik untuk mereka

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi putri Anda selalu memperhatikan apa yang Anda lakukan Anda. Jika dia melihat ibunya menilai dirinya sendiri secara negatif, ini dapat mengirim pesan negatif yang akan diinternalisasi oleh putri Anda. Ajak pasangan Anda untuk memperhatikan kata-katanya juga karena kata-kata mereka dapat memengaruhi kepercayaan diri seorang gadis. Pertimbangkan bagaimana putri Anda menafsirkan perilaku dan komentar Anda.
 
6. Pujilah usaha mereka, bukan hanya keberhasilan

Kesuksesan tidak mungkin terjadi setiap saat. Tidak ada salahnya untuk mengapresiasi usaha putri Anda.  Ini kontraproduktif untuk menjadi kritis atau mempertanyakan bagaimana mereka bisa melakukan lebih baik ketika anak Anda melakukan yang terbaik yang mereka bisa.
 
Menanyakan mengapa dia berpikir dia mendapat B+ dan bukannya A ketika Anda melihat betapa kerasnya dia belajar dapat merusak kepercayaan dirinya.
 
7. Ajarkan ketegasan

Kemampuan untuk mengarahkan dan mempengaruhi hidup Anda sendiri adalah inti dari ketegasan. Ketika Anda mengajari putri Anda bagaimana bersikap tegas, dia tidak akan terpengaruh oleh semua orang di sekitarnya.
 
Bantu dia membagikan pendapatnya, mengidentifikasi dan mengomunikasikan nilai-nilainya, dan meningkatkan kesadarannya akan orang-orang yang menghormati pendapat dan nilai-nilainya.
 
8. Dorong dia untuk berpetualang

Dorong putri Anda untuk mencoba sesuatu yang baru setiap tahun. Aktivitas, hobi, atau ekstrakurikuler baru mungkin sedikit menakutkan. Tetapi, hal baru ini dapat membantu mengatasi ketakutannya terhadap sesuatu yang baru sehingga dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan dirinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro