Ilustrasi orang minum air/istimewa
Relationship

Cara Sederhana Agar Umur Panjang dan Awet Muda

Ni Luh Anggela
Senin, 13 September 2021 - 18:36
Bagikan

Minum hingga Liburan

1. Minumlah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Shandong University School of Public Health di China menunjukkan bahwa minum ringan hingga sedang mungkin memiliki beberapa efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.
 
“Sementara peminum berat dapat menyebabkan kematian. Ada keseimbangan yang rapuh antara yang menguntungkan dan merugikan.” kata Bo Xi, MD, penulis utama studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology.
 
Mereka merekomendasikan anggur merah karena mengandung antioksidan, dapat menurunkan kolesterol, mengurangi risiko stroke dan meningkatkan kepadatan tulang. Nikmati satu hingga dua gelas sehari jika Anda mau.
 
2. Kurangi konsumsi daging

Makan daging kurang dari sekali seminggu dapat meningkatkan umur panjang 3,6 tahun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition. Studi lain selama 22 tahun di Finlandia menemukan peningkatan kematian dan penyakit di antara individu dengan asupan protein hewani yang lebih tinggi.
 
Jika Anda harus makan daging, pilihlah protein yang lebih rendah lemak (ayam, kalkun, potongan daging sapi tanpa lemak) dan jauhi bacon dan sosis karena diet yang mengandung banyak daging olahan terkait dengan risiko kanker dan penyakit jantung yang lebih tinggi.
 
3. Hindari zat berbahaya di sekitar Anda

Selain memerhatikan lingkungan Anda, perhatikan juga apa yang Anda hirup. Pasalnya, segala sesuatu mulai dari Benzene (ditemukan dalam bensin), asap, dan zat berbahaya lainnya dapat menyebabkan degenerasi sel dan meningkatkan angka kematian, menurut penelitian.
 
4. Pelajari tentang gen Anda

Varian gen yang ditemukan pada centenarian telah dikaitkan dengan umur mereka yang lebih panjang. Gaya hidup sehat dapat membantu orang hidup sampai usia tua, tetapi gen ini membantu mempertahankan pemeliharaan dasar dan fungsi sel-sel tubuh pada individu usia lanjut, di usia 80-an dan seterusnya.
 
Anda tidak bisa berlari lebih cepat dari genetika tetapi Anda bisa belajar tentang Anda. Pertimbangkan untuk melakukan tes DNA, di mana Anda akan belajar tentang kecenderungan Anda terhadap penyakit tertentu.
 
5. Mencoba kebiasaan makan ala Jepang

Jepang saat ini memegang gelar rentang hidup terpanjang, menurut WHO. Ini mungkin ada hubungannya dengan ukuran piring mereka. Dalam hal diet, orang Jepang cenderung makan dengan porsi yang lebih kecil—khususnya seukuran piring salad—dan tidak terlalu kenyang. Mereka berhenti makan ketika mereka 80 persen kenyang. Mereka juga cenderung hidup tujuh tahun lebih lama daripada orang Amerika, menurut sebuah penelitian, dan memiliki lebih sedikit kasus penyakit jantung dan kanker.
 
6. Benar-benar gunakan waktu liburan Anda

Sebuah penelitian di Finlandia mengikuti pengusaha pria yang lahir antara tahun 1919 dan 1934, dan menemukan bahwa mereka yang tidak cukup tidur, terlalu banyak bekerja, dan tidak mengambil cukup waktu istirahat (yaitu liburan) 37 persen lebih mungkin meninggal antara tahun 1974. dan 2004.
 
Pada tahun 2015, beberapa peserta tertua, yang selalu mengambil cuti, mencapai usia 81 hingga 96 tahun.
 
Jika Anda memiliki hari libur, gunakan waktu Anda dengan berisitirahat, atau melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Juga, lupakan sejenak tentang pekerjaan jika Anda sedang berlibur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro