Tenaga kesehatan mendorong brankar dari ruangan bekas isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Aisyiyah, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (26/8/2021). Rumah sakit setempat menutup ruang isolasi untuk pasien Covid-19 menyusul turunnya angka kasus Covid-19 di wilayah itu, sementara jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per 26/8/2021 sebanyak 29 orang, lima orang diantaranya dirawat dan 24 orang isolasi mandiri./Antara
Health

4 Penyebab Orang yang Divaksin Masih Berisiko Terkena Covid-19

Ni Luh Anggela
Selasa, 14 September 2021 - 15:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua minggu setelah dosis kedua vaksin Covid-19, efek perlindungan dari vaksinasi akan mencapai puncaknya. Jika Anda sepenuhnya telah divaksinasi dan masih terkena Covid-19, Anda telah mengalami infeksi terobosan. Infeksi terobosan ini mirip dengan infeksi Covid-19 biasa pada orang yang tidak divaksinasi, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan.
 
Lima gejala paling umum dari infeksi terobosan adalah sakit kepala, pilek, bersin, sakit tenggorokan, dan kehilangan penciuman, menurut Covid Symptom Study. Beberapa di antaranya adalah gejala yang sama dengan orang yang belum pernah mendapatkan vaksin.
 
Jika Anda belum divaksinasi, tiga gejala yang paling umum adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, dan pilek. Namun, demam dan batuk terus-menerus juga merupakan gejala umum yang terjadi pada mereka yang tidak divaksinasi. Kedua gejala klasik Covid-19 ini menjadi jauh lebih jarang setelah Anda mendapatkan suntikan.
 
Satu studi telah menemukan bahwa orang dengan infeksi terobosan 58 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami demam dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi. Orang yang divaksinasi juga lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit dibandingkan orang yang tidak divaksinasi jika mereka mengembangkan Covid-19. Mereka juga cenderung memiliki gejala yang lebih sedikit selama tahap awal penyakit dan cenderung tidak mengembangkan Covid yang lama.
 
Di Inggris, penelitian telah menemukan bahwa 0,2 persen dari populasi mengalami infeksi terobosan setelah divaksinasi sepenuhnya. Tetapi tidak semua orang memiliki risiko yang sama.
 
Melansir The Conversation, Selasa (14/9/2021), empat hal ini tampaknya berkontribusi pada seberapa baik Anda dilindungi oleh vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro