Penampilan Iko Uwais dalam film Winter Clash./youtube mobile legends
Entertainment

Pernah Jadi Sopir, Ini Profil dan Perjalanan Karier Iko Uwais

Aliftya Amarilisya
Selasa, 14 September 2021 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Siapa yang menyangka bahwa sebelum menjadi terkenal seperti saat ini, Iko Uwais pernah menjadi supir di suatu perusahaan telekomunikasi?

Dalam sejumlah wawancara, Iko mengaku bahwa dirinya ia pernah menjadi driver selama lebih kurang dua tahun.

Nah, lalu bagiaman perjalanan karier dari suami Audy Item ini?

Diketahui, lelaki bernama asli Uwais Qorny itu mengawali kariernya di dunia akting dengan memerankan Yuda, seorang perantau dari tanah Minang, dalam film Merantau pada tahun 2009.

Pada saat perilisannya, film tersebut berhasil mendapat sambutan positif dari para kritikus di situs Rotten Tomatoes.

Selain itu, Merantau juga berhasil memenangkan nominasi Best Film dalam ajang ActionFest dan masuk dalam nominasi di ajang Austin Fantastic Fest untuk kategori Audience Award.

Namun yang tak kalah menarik, tawaran untuk bermain film tersebut ternyata datang langsung dari sang sutradara, yakni Gareth Evans.

Iko yang kala itu masih bekerja sebagai sopir tersebut lantas memutuskan untuk keluar dari perusahaannya dan menandatangani kontrak lima tahun dengan Gareth Evans.

Lepas dari Merantau, pria kelahiran 12 Februari 1983 itu lalu bermain dalam film bertajuk The Raid. Tak sekadar membintangi, bersama dengan Yayan Ruhian, Iko juga menjadi koreografer dalam film tersebut.

Setahun setelahnya, pada tahun 2013, atlet silat yang sempat menjadi gelandang dalam Liga-B klub sepak bola Indonesia ini pun didapuk membintangi film garapan Keanu Reeves, Man of Tai Chi.

Tidak hanya sampai di situ, Iko juga sempat berperan dalam Star Wars: The Force Awakens, Headshot, Beyond Skyline, The Night Comes for Us, Mile 22, Triple Threat, Stuber, Wu Assassins, Snake Eyes, dan Si Buta dari Gua Hantu.

Lebih jauh, berkat kelihaiannya dalam berakting, bapak dua anak tersebut pun sukses menyabet sejumlah penghargaan individu.

Tiga di antaranya ialah Republika Awards tahun 2014 sebagai Tokoh Perubahan Republika Terbaik, Infotainment Awards 2016 sebagai Indonesian Celebrity of World Achievement, dan JawaPos Group Awards 2016 sebagai Aktor Terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro