Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Makanan untuk Mood Booster dan Bikin Bahagia

Bayam, methi mengandung vitamin B folat, kekurangannya dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin (neurotransmitter penting untuk suasana hati). Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami peran yang tepat dari folat dalam kesehatan mental.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 September 2021  |  09:32 WIB
8 Makanan untuk Mood Booster dan Bikin Bahagia
Bayam - bandt.com.au
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan memainkan peran utama dalam menyeimbangkan berbagai suasana hati kita. 

Selain juga berperan penting dalam kesehatan. Diet seimbang dapat membuat seseorang merasa berenergi sepanjang hari dan juga menyeimbangkan suasana hati, kata Jyoti Bhatt, ahli diet di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok.

“Makanan memainkan peran utama dalam menyeimbangkan berbagai suasana hati kita – baik bahagia, sedih, marah, depresi, atau cemas. Para peneliti telah mempelajari beberapa makanan dan nutrisi yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, ”tambahnya dikutip dari Indian Express.

Karena itu, dia mencantumkan beberapa makanan dan nutrisi yang berperan dalam meningkatkan mood.

1. Cokelat hitam

Kakao kaya akan triptofan yang digunakan oleh otak kita untuk memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter. Serotonin adalah hormon kunci yang membantu menstabilkan suasana hati kita.

2. Teh hijau

Dikenal untuk membantu penurunan berat badan dan membantu mengurangi peradangan, teh hijau juga mengandung antioksidan seperti catechin (EGCG), yang membantu meningkatkan fungsi otak. Ini juga membantu seseorang merasa waspada - berkat kandungan kafeinnya - bersama dengan peningkatan memori.

3. Paprika

Dikemas dengan vitamin A, dan B6, itu adalah nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak, dan juga membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepinefrin (mempengaruhi suasana hati).

4. Makanan kaya omega-3

Omega-3 membantu mengendalikan penyakit jantung, membantu penurunan berat badan, dan juga memiliki sifat antioksidan. Ini juga dikenal untuk menurunkan depresi, dan kondisi mental dan perilaku lainnya. Salmon, biji rami, biji chia, kacang-kacangan, adalah beberapa sumber yang terkenal.

5. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi penting untuk menjaga kesehatan usus karena kaya akan bakteri probiotik. Makanan seperti kimchi, buttermilk, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt merupakan sumber probiotik yang kaya. Makanan ini penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin (hormon bahagia) diproduksi di usus.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber terkaya dari banyak vitamin, mineral, magnesium dan juga memiliki sifat antioksidan. Mereka sama pentingnya untuk menjaga mood kita tetap baik. Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi.

7. Sayuran berdaun hijau

Bayam, methi mengandung vitamin B folat, kekurangannya dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin (neurotransmitter penting untuk suasana hati). Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami peran yang tepat dari folat dalam kesehatan mental.

8. Kafein

Kafein membantu meningkatkan kinerja dan suasana hati dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak. Kafein dapat bertindak berbeda untuk setiap individu sehingga jika kopi membuat Anda mudah tersinggung, sedih, sulit tidur, atau membawa efek buruk lainnya, hindari meminumnya. Minumlah minuman bebas kafein atau pilih minuman rendah kafein seperti teh hitam atau teh hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tips bahagia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top