Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Efek Samping Makan Nanas yang Harus Kamu Tahu 

Nanas mengandung getah alami yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Apa efek samping makan nanas?
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 23 September 2021  |  22:00 WIB
Buah Nanas
Buah Nanas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Rasa asam manis dan tajam dari nanas ternyata memiliki efek samping yang mungkin baru kalian tahu. Berbagai sajian nanas memang sangat cocok dinikmati saat bersantai di musim panas bersama orang terdekat. Sebelum memakannya, perlu diketahui efek apa saja yang bisa ditimbulkan setelah mengonsumsi nanas.  

“Nanas merupakan sumber vitamin C yang baik dan rendah kalori,” kata Jonathan Valdez, seorang ahli diet dari New York State Academy of Nutrition and Dietetics, dikutip dari Eat This (23/9/2021). Berikut ini efek baik dan buruk dari buah tropis tersebut:

1. Mengobati IBD  

Inflammatory Bowel Disease (IBD) merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh autoimun. Kandungan bromelain dalam nanas berperan sebagai anti-inflamatori yang cukup kuat. Kandungan ini berpotensi meringankan gejala pasien, namun perlu penelitian lebih lanjut sebagai obat IBD.  

2. Menyebabkan Gatal dan Bengkak  

Nanas mengandung getah alami yang dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Konsumen dengan alergi getah atau latex perlu menghindari konsumsi nanas.  

3. Mengurangi Inflamasi  

Berbagai nutrisi dalam nanas seperti antioksidan vitamin C berperan sebagai anti-inflamasi. Kandungan ini dapat mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis. Selain itu, mendukung kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

4. Menyebabkan Diare dan Muntah  

Beberapa orang mungkin pernah merasakan efek mual, muntah, hingga diare setelah konsumsi nanas. Efek tersebut belum diketahui penyebabnya dan masih dalam penelitian.  

5. Menyebabkan Mulut Kebal atau Mati Rasa  

Kandungan bromelain dalam nanas selain untuk melunakkan daging juga dapat menyebabkan rasa kebal pada bibir, lidah, dan mulut. Jangan makan terlalu banyak atau masak terlebih dahulu untuk mengurangi efek bromelain. Hindari konsumsi nanas pada bagian yang terdekat dengan batang dan bagian tengahnya karena kandungan bromelain sangat tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nanas Efek Samping
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top