Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Melaporkan Spam Chat di WhatsApp

Fitur ini dimaksudkan untuk mengekang ujaran kebencian dan misinformasi di platform, serta mengurangi spam. Whatsapp sendiri sudah memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan kontak yang tidak diinginkan, WhatsApp sekarang berencana meluncurkan kemampuan untuk melaporkan pesan juga.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 September 2021  |  13:08 WIB
Logo WhatsApp  -  whatsapp.com
Logo WhatsApp - whatsapp.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mendapatkan pesan di whatsapp yang mengganggu. Semisal upaya untuk menipu atau memberikan informasi hoaks?

WhatsApp memiliki fitur moderasi obrolan yang memungkinkan Anda melaporkan percakapan yang mencurigakan.

Fitur ini dimaksudkan untuk mengekang ujaran kebencian dan misinformasi di platform, serta mengurangi spam. Whatsapp sendiri sudah memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan kontak yang tidak diinginkan, WhatsApp sekarang berencana meluncurkan kemampuan untuk melaporkan pesan juga.

Melansir Androidauthority, informasinya WhatsApp saat ini sedang menguji opsi untuk melaporkan pesan individual dalam versi beta 2.21.19.15 dan yang lebih baru.

Jika Anda tidak menggunakan versi beta, ada juga langkah-langkah untuk melaporkan kontak.

Melaporkan pesan WhatsApp membantu menghindari interaksi yang tidak diinginkan di platform. Anda dapat melaporkan pesan jika bersifat bermasalah atau merupakan pesan spam. Setelah Anda mengirimkan laporan, moderator WhatsApp akan meninjaunya dan bahkan mungkin mencekal pengguna jika mereka melanggar Persyaratan Layanan perusahaan.

Melaporkan pesan atau kontak spam tidak mengganggu enkripsi end-to-end (E2EE) WhatsApp. 

Berikut beberapa langkah melaporkan spam chat, view once foto dan video yang tidak diinginkan dilansir dari Beebo :

Cara Melaporkan Pesan WhatsApp 

1. Buka percakapan yang berisi pesan yang berpotensi berbahaya atau spam. Di sini, tekan lama pada pesan dan ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas untuk melihat lebih banyak pengaturan.

2. Tekan opsi 'Laporkan' baru untuk melanjutkan. Perlu disebutkan bahwa opsi Laporkan hanya akan muncul ketika Anda memilih satu pesan. Melaporkan beberapa pesan tidak didukung saat ini, tetapi ada solusi di bagian berikutnya.

3. Sebuah pop-up sekarang akan muncul yang mengklarifikasi bahwa pesan akan diteruskan ke WhatsApp. Langkah Anda itu tidak akan memberi tahu kontak tersebut. Tekan tombol 'Laporkan' untuk menandai pesan yang berpotensi berbahaya. Anda juga dapat memilih untuk memblokir kontak dari kanan layar ini dengan memilih kotak centang 'Blokir kontak'.

Cara Melaporkan Foto atau Video View Once

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan opsi untuk mengirim foto dan video yang menghilang yang disebut View Once ke pengguna di seluruh dunia. Foto dan video ini akan hancur sendiri setelah Anda melihat kontennya.

Sekarang, jika seseorang membagikan konten yang berpotensi sensitif atau berbahaya menggunakan Lihat Sekali dengan Anda, laporkan foto dan video tersebut dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka jendela percakapan dan tekan lama pada pesan Lihat Sekali. Kemudian, ketuk ikon menu tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih opsi 'Laporkan' di sini untuk membagikan konten pesan yang hilang itu dengan WhatsApp.

2. Dari pesan pop-up yang muncul, ketuk opsi 'Laporkan' sekali lagi untuk mengonfirmasi pilihan Anda dan melaporkan konten Lihat Sekali pengguna.

3. Atau, Anda juga dapat melaporkan kontak saat melihat foto atau video yang hilang. Cukup ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas dan pilih opsi ‘Laporkan [nama kontak].

Cara Melaporkan Kontak WhatsApp atau Obrolan Spam

Jika obrolan memiliki beberapa pesan yang ingin Anda laporkan, pilih untuk melaporkan kontak tersebut. Dengan cara ini, lima pesan terakhir dari orang tersebut akan diteruskan ke WhatsApp.

1. Untuk memulai, buka jendela chat, ketuk ikon menu tiga titik, dan pilih ‘Lainnya’.

2. Kemudian, ketuk 'Laporkan' dan tekan 'Laporkan' lagi dari pop-up yang muncul. Anda dapat memblokir kontak dan menghapus percakapan di pihak Anda dengan memilih kotak centang 'Blokir kontak dan hapus obrolan'.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

whatsapp spam
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top