otak bayi/boldsky.com
Health

Selain Olahraga dan Makanan Sehat, Cara Ini dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Ni Luh Anggela
Rabu, 29 September 2021 - 09:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, kehilangan fungsi kognitif adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Faktanya, sebagian besar ilmuwan setuju bahwa rata-rata kemampuan berpikir dan kecepatan otak orang dewasa mencapai puncaknya sekitar usia 30 tahunan.
 
Meskipun begitu, ada cara terbaik untuk meningkatkan ingatan Anda di usia tua, salah satunya adalah dengan berolahraga. Banyak penelitian telah menemukan bahwa ketika kita berolahraga, otak kita mendapat manfaat yang sama besarnya dengan tubuh kita.
 
Selain itu, makan makanan sehat secara teratur seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan laut dapat menawarkan tingkat perlindungan kognitif.
 
Apabila Anda mencari lebih banyak cara untuk menjaga pikiran Anda tetap kuat pada usia berapapun, salah satu cara ini mungkin patut Anda coba.
 
Melansir Eat This, Rabu (29/9/2021), sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Economic Behaviour & Organization menemukan bahwa penggunaan internet pasca-pensiun di antara orang dewasa yang lebih tua memang terkait dengan kognisi yang kuat.
 
Proyek ini melibatkan lebih dari 2.000 pensiunan dewasa yang tinggal di seluruh Eropa dan mereka yang melaporkan menghabiskan lebih banyak waktu online mendapat skor lebih tinggi pada serangkaian tes kognitif.
 
“Hasil kami mengungkapkan bahwa menggunakan internet, pasca-pensiun, mengarah pada pengurangan yang nyata dalam tingkat penurunan kognitif,” kata rekan penulis studi Dr. Vincent O'Sullivan, dari Lancaster University Management School.
 
Sebanyak 2.105 individu yang tinggal di berbagai negara termasuk Spanyol, Jerman, Swedia, Italia, Prancis, dan Austria yang telah pensiun sejak tahun 2004 menjalani tes kognitif pada tahun 2013 dan kemudian kembali pada tahun 2015. Tes tersebut berfokus pada mengingat daftar 10 kata segera setelah mendengarnya dan kemudian mengingat lagi kata baru setelah 10 menit berlalu. Rata-rata, pensiunan yang menggunakan internet mampu mengingat 1,22 kata lebih banyak daripada pengguna non-internet.
 
Sementara peserta penelitian yang dilaporkan menggunakan internet cenderung laki-laki, berpendidikan, lebih muda, dan pensiun untuk periode yang lebih pendek daripada yang lain dalam penelitian, penulis penelitian sebenarnya melaporkan bahwa wanita dewasa yang lebih tua tampaknya menuai lebih banyak manfaat kognitif dari internet daripada pensiunan pria.
 
“Menariknya, efek perlindungan ini ditemukan paling signifikan di antara wanita, dengan pensiunan wanita yang secara teratur menjelajahi internet mampu mengingat 2,37 kata lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan internet,” Dr O'Sullivan menjelaskan. Hasilnya juga konsisten di antara pria, dengan pensiunan pengguna internet mampu mengingat 0,94 kata lebih banyak daripada pria dengan karakteristik serupa yang tidak menggunakan internet.
 
Selain itu, mereka juga menemukan bahwa pensiunan yang menggunakan komputer dalam pekerjaan mereka sebelum pensiun lebih mungkin untuk tetap menggunakan komputer setelah mereka pensiun, dan karenanya, memiliki fungsi kognitif yang lebih baik.
 
Namun, tim peneliti dengan cepat mengklarifikasi bahwa menggunakan internet sebelum pensiun tidak terkait dengan keterampilan berpikir atau ingatan yang lebih kuat. Menggunakan komputer saat masih bekerja hanya membuat individu lebih mungkin untuk terus menggunakan internet setelah pensiun, yang kemudian muncul untuk mempromosikan kognisi yang kuat.
 
Meskipun para peneliti tidak dapat mengatakan dengan pasti mengapa menggunakan internet membantu menjaga pikiran tetap kuat ketika Anda lebih tua, rekan penulis studi Profesor Colin Green, dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, berteori bahwa temuan ini kemungkinan disebabkan oleh stimulasi mental yang tak terhindarkan datang dengan browsing online.
 
Dia menyebutkan bahwa belanja online, berinteraksi dengan teman, keluarga dan orang asing di media sosial, serta mencari info tentang acara sosial di internet, adalah cara internet dapat meningkatkan kualitas hidup orang dewasa yang lebih tua dan membuat pikiran mereka sibuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro