Bayam baik untuk kesehatan  mata/bandt.com.au
Health

Simak 8 Nutrisi Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata  

Annasa Rizki
Jumat, 15 Oktober 2021 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa nutrisi sangat penting untuk kesehatan mata. Organ ini menjadi paling penting dari bagian panca indera. 

Nutrisi-nutrisi ini akan membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia. 

Kondisi mata yang paling umum termasuk katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan retinopati diabetik. Risiko Anda terkena penyakit ini tergantung pada usia, genetika, penyakit kronis, dan gaya hidup Anda. Berikut 8 nutrisi makanan yang bermanfaat bagi mata Anda:

1. Vitamin A 

Kekurangan vitamin A menjadi penyebab kebutaan paling umum. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga sel-sel penginderaan cahaya mata Anda, juga dikenal sebagai fotoreseptor. 

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup vitamin A, Anda mungkin mengalami rabun senja, mata kering, atau bahkan kondisi yang lebih serius, tergantung pada tingkat keparahan.

Vitamin A hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan. Sumber makanan terkaya termasuk hati, kuning telur, dan produk susu.

Sementara itu, vitamin A juga bisa didapatkan dari senyawa tanaman antioksidan yang disebut karotenoid provitamin A. Antioksidan ini ditemukan dalam jumlah tinggi di beberapa buah dan sayuran. 

Karotenoid provitamin A menyediakan sekitar 30 persen kebutuhan vitamin A rata-rata. Yang paling efisien adalah beta-karoten, yang ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kangkung, bayam, dan wortel. 

2. Lutein  

Lutein adalah antioksidan karotenoid kuning yang dikenal sebagai pigmen makula. Zat ini terkonsentrasi di makula, bagian tengah retina, yang merupakan lapisan sel peka cahaya di dinding belakang bola mata. 

Lutein berfungsi sebagai tabir surya alami. Mereka dianggap memainkan peran sentral dalam melindungi mata dari blue light yang berbahaya. 

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang memiliki asupan lutein tertinggi memiliki risiko degenerasi makula 43 persen lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan terendah.

Lutein dapat ditemukan di bayam, lobak swiss, kangkung, peterseli, pistachio, dan kacang hijau. Selain itu, kuning telur, jagung manis, dan anggur merah juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi. 

3. Zeaxanthin  

Zeaxanthin juga bagian dari antioksidan karotenoid yang fungsinya mirip dengan lutein. Baik zeaxanthin dan lutein biasanya hadir bersama dalam makanan dari hewan maupun tumbuhan.  

kuning telur dianggap sebagai salah satu sumber terbaik karena kandungan lemaknya yang tinggi. Karotenoid lebih baik diserap ketika dimakan dengan lemak, jadi yang terbaik adalah menambahkan beberapa alpukat atau minyak sehat ke salad sayuran. 

4. Asam Lemak Omega 3  

Asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA penting untuk kesehatan mata. DHA ditemukan dalam jumlah tinggi di retina, di mana ia dapat membantu menjaga fungsi mata.  

Ini juga penting untuk perkembangan otak dan mata selama masa bayi. Dengan demikian, kekurangan DHA dapat mengganggu penglihatan, terutama pada anak-anak. 

Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya. Sebuah penelitian pada orang dewasa paruh baya dan lebih tua dengan diabetes menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya 500 mg omega-3 setiap hari dapat mengurangi risiko retinopati diabetik. 

Sumber makanan terbaik EPA dan DHA adalah ikan berminyak seperti teri, salmon, dan sarden. Selain itu, suplemen omega-3 yang berasal dari ikan atau mikroalga mudah didapatkan di banyak apotek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro