Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi 5 Aplikasi Split Bill yang Bisa Anda Gunakan

Berikut rekomendasi 5 aplikasi split bill yang bisa kamu gunakan untuk patungan bayar makan dengan teman.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  20:41 WIB
Split Bill GoPay - Gojek
Split Bill GoPay - Gojek

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika makan bareng teman-teman, terkadang kita bingung siapa yang harus membayari makanan tersebut ketika makan tengah atau makan bersama.

Nah, sekarang, Anda bisa memanfaatkan fitur split bill yang ditawarkan sejumlah aplikasi berikut ini yang dikutip dari laman resminya masing-masing :

1. Line

LINE Indonesia menghadirkan inovasi terbaru melalui salah satu layanan miliknya, aplikasi pertukaran pesan LINE, dengan merilis fitur LINE SPLITBILL. LINE SPLITBILL adalah fitur hitung dan bagi tagihan yang menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) sehingga bisa memindai dan menghitung tagihan secara otomatis dalam waktu 5 detik. Selain menawarkan kemudahan dan akurasi yang tinggi, LINE SPLITBILL juga menjadi fitur hitung dan bagi tagihan pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi OCR.

Cara Menggunakan LINE SPLITBILL

Pilih LINE SPLITBILL di Menu Chat di LINE.
Pindai tagihan secara langsung dari kamera/mengambil gambar tagihan dari dalam galeri ponsel.
Pilih teman di dalam LINE. Jika teman mereka bukan pengguna LINE, pengguna dapat memilih “Add a friend without LINE”.
Cocokkan tagihan mana yang menjadi tanggungan masing-masing.
Cek dan pastikan jika nominal tagihan yang terdeteksi tepat.
Bagikan hasil LINE SPLITBILL. LINE SPLITBILL tidak hanya akan menghitung harga yang tertera di dalam tagihan, tetapi juga menghitung pajak serta biaya layanan restoran secara otomatis.
Manfaat LINE SPLITBILL tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna setia LINE, tetapi juga oleh bukan pengguna LINE melalui kehadiran fungsi “Add a friend without LINE”. Hal ini dikarenakan pengguna LINE yang memanfaatkan LINE SPLITBILL bisa menyalin dan mengirimkan tautan hasil hitungan melalui platform lain kepada teman mereka. Untuk dapat melihat hasil hitungan, teman mereka hanya perlu membuka tautan tersebut yang akan tampak dalam format web-based.

2. Jenius

Dengan fitur Split Bill, membagi bill bisa kamu lakukan dari smartphone. Jenius akan melakukan penghitungan pembagian billmu secara otomatis sekaligus melacak status penagihanmu (apakah masih pending, ditolak, atau sudah dibayar).

Di Jenius, kamu bisa bagi tagihan makan atau bagi uang patungan ke sesama Jenius dengan $Cashtag.

Bagaimana cara membagi tagihan secara manual dengan Jenius?

1. Pilih menu Split Bill.
2. Pilih $Cashtag dari daftar kontak atau tekan Tambah Kontak untuk menambahkan secara manual.
3. Tekan Selesai setelah selesai memilih kontak.
4. Masukkan jumlah tagihan yang ingin dibagi, lalu atur ulang nominal pembayaran sesuai tagihan perorang apabila diperlukan.
5. Tambahkan catatan jika perlu.
6. Cek rincian permintaan uang, lalu tekan Kirim Permintaan.

Bagaimana cara saya mengirim uang apabila saya menerima permintaan Split Bill?

1. Pilih icon notifikasi yang berbentuk seperti lonceng di sebelah kanan atas pada halaman dashboard di dalam aplikasi Jenius kamu.
2. Pada halaman notifikasi, pilih permintaan uang yang ingin kamu bayarkan.
3. Cek kembali detail pada permintaan Split Bill, lalu tekan Kirim Uang untuk membayar tagihan.

3. Pawoon

Fitur Split Bill pada aplikasi Pawoon menawarkan kemudahan bagi Anda untuk memisahkan pembayaran dalam satu transaksi yang sama. Hal ini berarti, Customer bisa memisahkan struk pembayaran meskipun melakukan transaksi bersama. Langkah mudahnya sebagai berikut:

Silahkan melakukan transaksi. Masukkan pesanan, dan klik "Bayar", yang akan mengarahkan Anda pada laman total tagihan.

Klik "Split" dan akan muncul opsi banner

Pilih opsi "Split Bill", lalu klik "Pilih", yang akan memunculkan laman daftar pesanan.

Pada laman daftar pesanan, Anda bisa memilih jenis pesanan yang ingin dibayar secara terpisah, lalu klik "Bayar" untuk menyelesaikan transaksi. Anda akan diarahkan pada laman Total Tagihan, dengan jumlah tagihan dari pesanan terpilih. 

Laman split bill akan menunjukkan daftar pesanan yang belum terbayar, dan pesanan terbayar yang bertanda centang hijau. Anda bisa menyelesaikan sisa transaksi yang belum terbayarkan dengan langkah serupa. Setelah pembayaran selesai, Anda akan diarahkan kembali ke laman "Split Bill" 

Namun, apabila transaksi belum mau dibayarkan, Anda bisa memilih opsi "Simpan" seperti pada tampilan di atas. Pesanan tersebut akan langsung masuk ke daftar Transaksi Tersimpan. Klik "Lanjutkan Transaksi" untuk menyelesaikan transaksi tersebut. 

4. Dana

Cara memakai fitur split bill sebagai berikut:

- Buka aplikasi Dana
- Kemudian tek Minta.
- Pilih menu Patungan di bagian bawah.
- Tekan tombol Atur Tagihan
- Masukan Nominal 
- Tekan opsi Tambah Teman dan pilih kontak yang akan diajak split bill.
- Secara otomatis, Dana akan membagi tagihan dengan sama besar. Kalau juga bisa secara manual memasukkan nominal tagihan bila dirasa perlu.
- Tekan Patungan Yuk.
- Pilih aplikasi yang diinginkan untuk membagi link split bill.

5. Gopay

Kamu juga bisa patungan pakai GoPay lewat fitur Minta/Request. Patungan jadi lebih gampang dan kamu gak perlu malu nagih hutang. Ikutin caranya di bawah ini!

Oh iya, untuk bisa melakukan pembayaran permintaan transfer dari chat, pastikan kamu sudah melakukan upgrade akun GoPay biar lebih gampang bayarnya. Jika sudah, kamu dapat melakukan transfer saldo GoPay dengan mudah kepada teman kamu tanpa biaya tambahan.

Request ke group dengan fitur patungan atau Split Bill
Klik tombol Eksplor.
Klik tombol Minta.
Klik menu Lihat Kontak.
Pilih grup atau bikin grup untuk patungan. Perlu diingat: Batas maksimal anggota grup adalah 51 orang, termasuk 1 (satu) orang yang merupakan grup admin (group creator). Dan karena kita gak mau ngekang kamu, jadi kalau kamu udah gak betah di grup, kamu bisa keluar dari grup chat, tapi maaf sekali saat ini chat pada grup tersebut tidak dapat dihilangkan (clear/delete chat).
Pilih kontak yang mau kamu mintain saldo GoPay.
Pilih tipe pembagian: bagi rata atau beda-beda. Untuk beda-beda,masukkan kembali nominalnya. Perlu diingat: Pembagian permintaan transfer harus sesuai dengan nominal awal yang telah dituliskan, apabila pembagian tidak sesuai, kotak Simpan tidak dapat di klik dan kamu tidak dapat melanjutkan permintaan transfer.
Pilih ikon tema untuk penerima sebagai pesan catatan patungan. Misal, kamu bisa memilih ikon tema seperti Natal, Tahun Baru, Taxi, dan bahkan menuliskan sendiri dengan memilih Ketik sendiri.
Minta saldo GoPay dengan fitur patungan selesai.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jenius GoPay
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top