Ilustrasi/Greenenterprise
Relationship

10 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anda

Ni Luh Anggela
Senin, 25 Oktober 2021 - 14:20
Bagikan

Bagian 2

6. Latih kesadaran diri

Kesadaran diri adalah memahami suasana hati, pola, perilaku, dan mengetahui apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Orang yang cerdas secara emosional memiliki hal-hal ini dengan jelas.
 
Mereka memahami psikologi mereka, sehingga mereka tahu bagaimana emosi mereka memengaruhi orang lain.

7. Belajar menerima kritik dengan baik

Mungkin sulit bagi orang untuk menerima kritik tanpa bersikap defensif atau tersinggung. Tetapi orang-orang yang cerdas secara emosional melakukannya sepanjang waktu. Rahasia mereka sederhana, alih-alih bereaksi terhadap situasi, mereka merespons.
 
Mereka membutuhkan beberapa saat untuk memahami dari mana asalnya dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kinerja mereka di masa depan. Mereka melihatnya dengan pandangan jangka panjang dan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah secara konstruktif.

8. Berlatih empati

Empati adalah ketika Anda memahami perasaan orang lain dan melihat sesuatu dari sudut pandang mereka. Orang yang cerdas secara emosional memiliki belas kasih, dan mereka tahu bahwa memiliki empati terhadap orang lain adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.
 
Ketika Anda memiliki empati, menjadi lebih mudah untuk menangani orang yang berbeda pendapat sambil tetap menjaga rasa saling menghormati.

9. Pelajari dan praktikkan keterampilan kepemimpinan

Keterampilan kepemimpinan tidak hanya dimiliki oleh para pemimpin. Mereka untuk siapa saja yang mau mengambil inisiatif, membuat keputusan yang bijaksana, dan memiliki kemampuan memecahkan masalah.
 
Orang-orang yang cerdas secara emosional dengan sengaja mempraktikkan sifat-sifat ini, sehingga mereka siap menerimanya saat dibutuhkan.

10. Tingkatkan keterampilan sosial Anda

Sifat hebat lainnya dari orang yang cerdas secara emosional adalah mereka mudah didekati. Mereka mendatangi Anda sambil tersenyum dan berkomunikasi dengan Anda secara efektif. Itu datang secara alami untuk beberapa orang. Namun, orang lain mungkin merasa sulit untuk melakukannya.
 
Jika Anda termasuk dalam kelompok orang kedua, Anda akan senang mengetahui bahwa ini adalah sesuatu yang dapat Anda pelajari dengan latihan dan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro