Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Takut Jarum Suntik, tapi Mau Vaksin Covid-19? Simak Tips Berikut

Ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan Anda fobia jarum suntik agar dapat melakukan vaksinasi Covid-19.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  16:59 WIB
Jarum suntik.  - Bloomberg
Jarum suntik. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Fobia berupa ketakutan yang berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu dapat terjadi pada siapa saja. Sejumlah orang juga mengakui mereka fobia terhadap jarum suntik.

Di tengah pandemi Covid-19, salah satu cara penanganannya ialah melalui vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok. Lantas, bagaimana caranya agar Anda yang takut jarum suntik bisa melakukan vaksinasi Covid-19?

Menurut keterangan Satgas Perubahan Perilaku, mengutip akun instagramnya, ada sejumlah strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut terhadap jarum suntik sehingga dapat melakukan vaksinasi dengan lancar.

Pertama, suarakan ketakutan Anda. Bersikaplan jujur dan terbuka dengan panitia. Mereka dapat membantu Anda lebih rileks, dan bahkan Anda dapat meminta berbaring jika itu membuat situasi lebih kondusif.

Kedua, mengalihkan perhatian. Tonton video atau putar lagu kesukaan sebelum melakukan vaksinasi. Berkonsentrasilah terhadap hal yang disukai tersebut sebelum dan selama proses berlangsung.

Ketiga, berbicara dengan ahlinya. Berbicara dengan ahli kesehatan mental dapat mengajari Anda taktik jitu untuk menghadapi ketakutan, termasuk terhadap jarum suntik.

Para ahli di bidang kecemasan dan kesehatan mental pun mengakui ketakutan terhadap jarum suntik merupakan fenomena yang wajar. Artinya, Anda yang fobia jarum tidak sendiran.

"Ada sejumlah hal berbeda yang dapat kami lakukan untuk membantu orang yang mengalami kesulitan," kata Direktur UFHealth Florida Exposure and Anxiety Research (FEAR) Lab di Gainesville, Florida, Joe McNamara. 

Langkah pertama yang dapat dilakukan menurut McNamara, adalah Anda perlu menghadapi rasa takut. Ini mungkin bagian paling menakutkan dalam mengatasi ketakutan atau fobia, tetapi ini penting. Dengan kata lain, apabila Anda tidak melakukan hal yang Anda takuti, Anda akan terus merasa takut.

"Kecemasan yang tidak sehat - dalam hal ini, ketakutan akan suntikan - dipertahankan oleh penghindaran," kata McNamara.

McNamara merekomendasikan Anda membuat gambar sebuah jarum, melihat gambar itu atau mencari gambar jarum suntik di internet dan membicarakannya dengan seseorang tentang fungsi jarum. Anda juga bisa melihat secara fisik jarum dan menyentuhnya secara aman.

Kedua, buat janji disuntik (misalnya vaksin COVID-19). Apabila Anda merasa takut untuk pergi kemudian merasa lega karena sudah berakhir saat Anda keluar dengan penuh kemenangan, itu benar-benar normal.

"Ini respons yang sehat dan khas untuk sebagian besar prosedur medis. Dalam hal ini, Anda ingin mencapai tempat di mana Anda dapat melakukan langkah-langkah yang sesuai dengan tujuan kesehatan Anda," tutur McNamara.

Namun, bila Anda masih belum merasa dapat melakukannya, hubungi profesional untuk mendapatkan bantuan.

Ketiga, gunakan teknik relaksasi. Saat Anda berada di janji temu vaksin, ada beberapa cara untuk mendorong respons relaksasi tubuh Anda dan ini sangat penting bila Anda memiliki respons vasovagal (Anda memiliki riwayat pingsan saat terkena jarum suntik).

Bernafas dalam-dalam. Apabila Anda secara sadar memperlambat pernapasan dengan mengambil napas perut melalui diafragma, Anda memperoleh respons yang menenangkan. Memperlambat napas memperlambat detak jantung Anda, yang kemudian memberi tahu otak Anda semuanya baik-baik saja.

Saat melakukan ini, pastikan Anda menarik napas untuk membesarkan perut Anda dan kemudian mengeluarkannya untuk menariknya kembali.

Setelahnya, mulailah dari kaki Anda, mengencangkan otot di area tubuh tersebut, lalu kendurkan. Cara ini dapat membantu Anda rileks dan juga mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran pada jarum suntik saat vaksinasi Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi fobia Vaksin Covid-19
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top