Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Kebiasaan Ini Harus Anda Hindari Jika Berusia 60 Tahun ke Atas

Ni Luh Anggela
Rabu, 3 November 2021 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, tubuh seseorang mulai kehilangan fungsi-fungsinya. Inilah yang membuat para lansia lebih rentan mengalami masalah kesehatan.
 
Menjaga tubuh Anda tetap sehat dan kuat adalah salah satu cara untuk tetap membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik dan mencegah tubuh Anda menua lebih cepat.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari, terutama bagi Anda yang berusia 60 tahun ke atas, melansir Eat This, Rabu (3/11/2021).

1. Depresi tentang penuaan

Penuaan adalah kondisi yang akan dialami semua orang, dan mau tidak mau kita akan menghadapi kondisi ini. Kebanyakan orang memiliki pandangan negatif terhadap penuaan dan mulai mencoba berbagai macam hal untuk mencegah penuaan. Namun tahukah Anda pemikiran ini justru dapat berdampak buruk pada kesehatan, terutama otak Anda?
 
Sebaliknya, mempertahankan pandangan positif dapat memiliki efek positif  pada kesehatan Anda seiring bertambahnya usia, terutama pada otak.
 
Penelitian yang dilakukan di Universitas Yale menemukan bahwa orang yang memiliki persepsi diri yang positif tentang bertambahnya usia hidup 7,5 tahun lebih lama dan memiliki tingkat penyakit Alzheimer yang lebih rendah dibandingkan orang dengan pandangan yang lebih negatif.

2.  Terisolasi secara sosial

Kesepian dan terisolasi secara sosial dapat memengaruhi kesehatan Anda. Studi telah menemukan bahwa kesepian dapat memiliki efek kesehatan negatif yang serupa dengan merokok 15 batang sehari dan dapat meningkatkan risiko orang dewasa yang lebih tua terkena demensia hingga 50 persen.
 
Melihat dampak buruk dari kesepian, mulailah untuk terhubung secara sosial, seperti bersosialisasi secara teratur dengan teman dan orang yang Anda cintai, bergabung dengan aktivitas dan komunitas hobi atau menjadi sukarelawan.

3. Minum alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung, dan ini berlaku bagi semua usia. Ditambah lagi, orang tua lebih sensitif terhadap alkohol, yang dapat menyebabkan interaksi obat berbahaya atau cedera akibat kecelakaan atau jatuh.
 
Agar tetap sehat, minumlah secukupnya. Tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria, dan tidak lebih dari satu gelas untuk wanita.

4. Merokok

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Bahkan orang yang berhenti merokok antara usia 65 hingga 69 tahun dapat menambahkan satu hingga empat tahun dalam hidup mereka. Tetapi terus merokok setelah usia 60 meningkatkan risiko kondisi kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, radang sendi, dan kanker yang semakin terlihat seiring bertambahnya usia.

5. Melewatkan vaksinasi rutin

Selain memastikan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang vaksinasi rutin lainnya yang direkomendasikan untuk orang di atas 60 tahun.
 
CDC mengatakan setiap orang dewasa harus mendapatkan vaksin flu tahunan, terutama orang di atas 60 tahun. CDC juga merekomendasikan dua vaksin pneumonia pneumokokus untuk orang berusia 65 tahun ke atas, dan dua dosis vaksin herpes zoster untuk orang berusia di atas 50 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro