Kulit leher hitam
Health

Gejala Penyakit dan Cara Merawat Kulit Leher Hitam

Annasa Rizki
Senin, 8 November 2021 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Istilah leher hitam merupakan suatu kondisi di mana kulit area leher menjadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.

Perubahan warna mungkin membuat Anda khawatir dan was-was. Kondisi kulit leher yang menghitam tidak menular, namun disebabkan karena beberapa hal. 

Sementara itu, dalam beberapa kasus, penggelapan kulit ini mungkin menjadi tanda bahwa ada yang salah dari tubuh. Penting untuk menemui dokter untuk menentukan penyebabnya dan memulai perawatan yang diperlukan. 

Gejala leher hitam

Kondisi umum leher hitam ditandai dengan penggelapan kulit di area leher. Selain leher, kondisi tersebut juga dapat muncul di bagian ketiak. Gejala lainnya yaitu sebagai berikut.

  1. Gatal 
  2. Kulit terasa tebal 
  3. Kulit terasa bertekstur saat disentuh

Jika penggelapan muncul tiba-tiba, konsultasikan ke dokter karena bisa menjadi tanda gejala kesehatan yang lain. AN biasanya dapat didiagnosis dengan pemeriksaan kulit, tetapi dokter kemungkinan juga akan memeriksa kondisi diabetes dan dapat melakukan tes tambahan seperti tes darah dan rontgen berdasarkan gejala Anda yang lain.

Penyebab Munculnya Kulit Leher Hitam

Penggelapan kulit di area leher dapat disebabkan karena beberapa kondisi berikut ini, dilansir dari Healthline, Senin (8/11/2021):

Acanthosis nigricans (AN)

Acanthosis nigricans merupakan kondisi dimana kulit berubah warna menjadi kehitaman dan terasa tebal. Kondisi ini dapat muncul di leher, ketiak, dan lipatan kulit lainnya. Pria, wanita, dan anak-anak bisa memiliki kondisi ini, terutama pada orang yang memiliki kulit lebih gelap. 

Kondisi ini sering kali dikaitkan dengan kadar insulin seseorang. Orang dengan prediabetes atau diabetes kerap memiliki leher hitam. Anak-anak yang tumbuh dengan AN memiliki risiko tinggi memiliki diabetes tipe 2. 

Leher hitam juga bisa menjadi sinyal bagi penyakit lain, seperti obesitas, penyakit hormonal, kanker, dan penyakit cushing. AN turut muncul akibat terlalu banyak konsumsi beragam obat-obatan termasuk niacin, pil KB, prednisone, dan kortikosteroid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro