Selain desain yang unik, Botol Clima juga bagian dari langkah untuk mengurangi botol plastik sekali pakai. /Lamborghini.
Health

DPR Desak BPOM Terbitkan Aturan Larangan Penggunaan BPA pada Wadah Plastik

Indra Gunawan
Selasa, 9 November 2021 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina mendesak pemerintah segera menerbitkan aturan tentang larangan penggunaan Bisphenol A (BPA) dalam pembuatan wadah plastik makanan.

Menurutnya, produsen wadah plastik harus memastikan produk yang dibuatnya bebas BPA.

"Saya sangat apresiasi BPOM yang selalu sosialisasi pentingnya pencantuman BPA Free pada produk plastik. Saya minta BPOM membuat aturan setiap wadah plastik untuk tidak ada kandungan BPA, dengan ditandai label bebas BPA " ujar Arzeti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/11/2021).

Dia mengingatkan, sejarah penggantian label susu kental yang dianggap susu menjadi kental manis, dan banyak balita yang mengonsumsinya.

Menurutnya, setelah desakan berbagai pihak terhadap produk tersebut, label susu kental berubah menjadi kental manis. Perlu diketahui, kadar gula mendominasi larutan kental manis tersebut, sehingga kurang tepat sebagai pengganti susu.

Dia meminta BPOM untuk segera membuat aturan larangan penggunaan BPA dalam produksi wadah plastik. Hal ini dilakukan terkait erat kesehatan masyarakat terutama anak-anak, ibu-ibu hamil dan masyarakat secara umum.

"Saya saja baru beberapa bulan ini tahu pasti tentang bahaya BPA dalam wadah plastik. Apalagi ibu-ibu atau pengasuh anak yang tidak punya waktu mengakses informasi. Karena itu, perlu ada larangan penggunaan BPA yang ditandai dengan mencantumkan label bebas BPA agar anak-anak, ibu hamil dan kita semua terjaga kesehatannya," katanya.

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan akan melakukan pengawasan pada wadah plastik.

“BPOM akan melakukan pelabelan bebas BPA pada produk-produk wadah plastis,” ujar dia dalam rapat kerja (raker), rapat dengar pendapat (RDP) atau rapat dengar pendapat umum (RDPU), Senin (8/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro